N3 Payakumbuh - Hampir sekitar satu hektar lahan persawahan milik masyarakat rusak berat karena tertimbun sampah dari lokasi TPA Regional di kelurahan Padang Karambia Kecamatan Payakumbuh Selatan kota Payakumbuh.

Sekira bulan april lalu tanggul penahan timbunan sampah dari lokasi TPA yang terbuat dari batu bronjong jebol karena kondisi cuaca hujan terus menerus yang menyebabkan timbunan sampah meluber ke lahan persawahan sekitarnya.

Akibat dari timbunan sampah ini disertai aliran air lindi yang masuk ke areal persawahan yang sedang  ditanami padi yang berumur sekitar satu bulan menjadi rusak. Hal ini menyebabkan petani gagal panen dan lahan persawahan tidak bisa lagi ditanami.

Buntut dari hal ini masyarakat pemilik lahan persawahan yang ditimbun sampah ini mengeluh. “Kami dirugikan karena gagal panen, kalau akan ditanam kembali butuh waktu sangat lama untuk mengeluarkan sampah setinggi lebih dari 1 meter yang memenuhi areal sawah, ujar Siman (40) salah seorang petani pengolah sawah yang menjadi korban timbunan sampah TPA.

Berdasarkan informasi dari pemilik pemilik lahan, ketika hal ini dilaporkan kepada Syafrius Kepala UPTD TPA Sampah Regional Sumatera Barat di Padang. Syafrius berjanji akan segera menindak lanjuti hal ini.(Rahmat Sitepu)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved