N3 Tarakan - kesengjangan burub di kalimantan utara khususnya di tarakan mengakibatkan kesejahteraan buruh jarang diperhatikan oleh pemerintah daerah.

Permasalah gaji dibawah UMK, Kesejahteraan baik pensiun dan kesehatan yang kurang optimal oleh perusahaan menjadi perhatian khusus oleh Gerakan Revormasi ( Rembuk Forum Masyarakat Indonesia) M Thalip sebagai koordinator aksi demo yang dilakukan di depan GTM sangat menyayangkan pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota di Kalimantan Utara.

Menurut Thalip, setidaknya buruh selain di pekerjaakan oleh perusahaan gaji karyawan dan kesejahteraan dan kesehatan harus diperhatikan, sebagai contohnya gaji karyawan swasta masih di bawah umk.

" gaji buruh kita masih dibawah UMK sehingga kita perlu mendorong pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota untuk turun kelapangan dan memeriksa ke perusahaan yang ada di Kalimantan Utara masalah Gaji dan Kesejahteraannya yang dibawah umk dan minim dalam jaminan Kesejahteraan" terang Thalip

Thalip berharap pemerintah berpihak kepada buruh dan karyawan swasta memperhatikan buruh akan tunjangan yang diperoleh dari perusahaan, selain itu juga buruh agar dibentuk serikat pekerja, dan terakhir adalah buruh didampingi hukum dan dijamin oleh hukum ketika diberikan kontrak kerja dan pemberhentian secara sepihak.

" setidaknya buruh diberikan ke leluasaan didalam berserikat, didampingi lembaga hukum ketika tanda tangan kontrak kerja maupun pemutusan kerja sepihak" Jelas Thalip menutup. Bonar Sahat
 
Top