N3, Sumbar ~ Tim Penyelenggaraan Haji Daerah ( TPHD ) merupakan orang orang pilihan dari hasil tes seleksi, mereka telah memenuhi syarat dan yang ditetapkan tim seleksi.  TPHD ini terbagi dalam tiga peran dan fungsi, pertama Pelayanan Umum, Pelayanan Ibadah dan Pelayanan Kesehatan.

Hal ini disampaikan Wagub Nasrul Abit saat membuka Rapat Tes Seleksi TPHD (Tim Penyelenggaraan Haji Daerah) di ruang rapat Setda. Hadir dalam kesempatan itu beberapa anggota DPRD Kanwil Kemenag Sumbar yang diwakili Kabit Penyelenggaraan  haji,  Kabiro Bina Mental , utusan beberapa kabupaten kota se Sumatera Barat.

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit menyampaikan agar setiap anggota TPHD melayani dengan baik,  hilangkan jabatan lakukan pelayanan secara baik bagi jemaah kita. Kita tahu jarak penginapan kita amat jauh ada 3 km, karena perlu mengingatkan apakah lewat pengumuman,  atau lewat sms hubungan komunikasi lain.  Yang penting jemaah kita dapat menjalankan semua syariat haji dengan baik dan benar,  pesan Wagub kepada calon anggota tim TPHD yang akan menjalani tes.

Kita juga anggota TPHD juga dapat melakukan yang dapat memberikan kenyaman pada jemaah haji, termasuk pengadaan air di tempat penginapan, yang kadang perlu juga di lakukan pendekatan dengan pengelola dan petuga penginapan.

Perkiraan penyelenggaraan Haji Tahun ini suasana malam bisa mencapai 8 Derjat Celsius Medinah amat dinggin, perlu baju hangat. Mekah kemungkin normal seperti malam 20 Derjat Celcius siang mencapai 30 - 40 Derjat Celsius, ingat Nasrul Abit.

Kabiro Bina Mental dan Kesra  Syahril B, juga menyampaikan tahun ini jumlah jemaah haji bertambah menjadi 4.628 orang dari jumlag haji Indonesia 221 ribu orang, namun amat disayangkan jumlah TPHD berkurang yang biasa 37 orang tahun ini hanya berjumlah 31 orang. Dalam mendapat TPHD pemerintah provinsi melakukan seleksi TPHD dengan membentuk tim, yang melibatkan Kanwil Kementrian Agama Sumbar.

Tahun ini panitia penyelenggaraan haji nasional sudah memberi batasan pelunasan setoran haji mulai tanggal 10 April - 5 Mai 2017, terang Syahril. Hms

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved