N3, Limapuluh Kota ~ Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Limapuluh Kota, yang diperingati setiap tanggal 13 April, akan ditandai dengan kegiatan seremonial Sidang Paripurna Istimewa DPRD. Paripurna di ruang sidang Gedung DPRD itu dijadwalkan bakal dihadiri Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.
Dalam pelaksanaan Sidang Paripurna Istimewa bertepatan pada hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke-176 tahun, Kamis (13/4) pagi, panitia HUT Limapuluh Kota memastikan juga mengundang sejumlah kepala daerah hingga ratusan masyarakat dari berbagai kalangan termasuk daerah tetangga.
"Sudah disiapkan beberapa agenda. Paginya, diadakan sidang paripurna istimewa yang akan dihadiri Gubernur, Bupati-Wakil Bupati, seluruh pejabat Pemkab, DPRD, ormas, tokoh masyarakat serta para undangan lainnya,” kata  Kabag Humas Setwan DPRD Limapuluh Kota Saiful SP, didampingi Kabag Humas Setdakab Limapuluh Kota, Rabu (12/4).
Selain sidang paripurna, malamnya digelar acara resepsi di gedung DPRD. Seluruh persiapan dalam menyambut Hari Jadi sudah rampung 100 persen. Beberapa item agenda lain pun tengah disiapkan oleh panitia dan terus dikebut jelang hari pelaksanaannya.
"Termasuk acara Alek Pekan Budaya, yang menurut skedul kegiatan yang kita terima, akan dimulai 18 April mendatang. Mari bersama-sama kita sukseskan Milad Kabupaten Limapuluh Kota yang ke-176 tahun ini,” ajak  Syaiful SP diamini Joni Amir.
Rapat Paripurna Istimewa DPRD akan dipimpin oleh Ketua DPRD Syafrudin Dt Bandaro Rajo, berikut dua wakilnya, Sastri Andiko Dt Putiah dan Deni Asra. Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Sumbar, Bupati Limapuluh Kota, beserta sejumlah tokoh daerah akan didaulat memberikan sambutan.
Sementara itu Kabag Humas Setkab Joni Amir menyebut, Bupati Irfendi Arbi akan memaparkan berbagai dinamika, mulai dari sejarah, ungkapan terima kasih, harapan, hingga pelaporan program kerja Pemkab Limapuluh Kota. Pascasetahun kepemimpinannya bersama Wabup Ferizal Ridwan, semenjak dilantik oleh Gubernur, 16 Februari 2016 lalu, Limapuluh Kota sudah menorehkan beragam prestasi.
"Diantaranya, memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (predikat WTP) dari BPK atas penyelenggaran pelaporan keuangan tahun 2015 yang diterima pada 2016. Presiden RI juga memberikan penilaian berkinerja baik, bagi Kabupaten Lima Puluh kota dengan reward berupa penerimaan DID sebesar Rp53 miliar pada 2017," tambahnya.
Kemudian, Limapuluh Kota juga dianugerahi Dana Rakca dari Menteri Keuangan RI, atas capaian tertinggi dalam akuntansi dan laporan keuangan pemerintah serta kinerja kesehatan fiscal. Penghargaan  ‘National Procurement Award 2016’ juga diraih dalam bidang penerapan standar Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dari Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa Pemerintah (LKPP) RI.
Berikutnya, Anugerah Kawastara Pawitra dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan karena dinilai berintegritas dalam penyiapan calon kepala sekolah. Penghargaan produktifitas Siddha Karya tahun 2016 dari Gubernur Sumbar atas dukungan dan pembinaan UKM, juga berhasil diraih.
Penghargaan lainnya, juga diberikan BPJS Kesehatan, karena Limapuluh Kota dinilai berhasil memberikan jaminan sehat dan sejahtera bagi rakyatnya melalui integrasi JKN-KIS. "Lalu, pencapaian prestasi peringkat IV pada Porprov 2016 di Padang serta perolehan medali emas juara cabang bergengsi sepakbola, setelah 30 tahun pelaksanaan ajang porprov," lanjutnya.
Di bidang perternakan, Limapuluh Kota meraih juara Livestock Expo dalam kontes ternak dan bulan bakti peternakan dan kesehatan hewan tahun 2016 di Pasaman Barat. Bidang sosial, juga memperoleh penghargaan perlakuan manusiawi terhadap penyandang penyakit jiwa dengan melepaskan dari keterpasungan.
"Begitu pula, pemberian perhatian terhadap anak pintar dari keluarga kurang mampu yang putus sekolah, agar tetap melanjutkan pendidikan, serta berbagai upaya dan capaian prestasi lainnya," pungkas Joni Amir. (Rahmat Sitepu)
 
Top