N3, Padang ~ Prestasi kembali diukir Kota Padang. Dinas Kesehatan Kota Padang diganjar penghargaan dari Direktorat Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan RI.

Penghargaan ini diperoleh berkat tercapainya imunisasi dasar lengkap kepada balita di atas 80 persen. Bahkan, Kota Padang mampu melebihi target yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mewakili Menteri Kesehatan kepada Kadis DKK Kota Padang pada acara Rakerkesda Provinsi Sumatera Barat, di Padang, 19 April lalu. 

"Capaian imunisasi dasar lengkap Kota Padang pada 2016 mencapai 93.3 persen, jauh melampaui batas yang ditetapkan yakni 80 persen," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani Hamid, Sabtu (29/4/2017).

Feri Mulyani Hamid menceritakan, diperolehnya penghargaan tersebut berkat kesadaran masyarakat dalam membawa anaknya ke Posyandu untuk mendapatkan imunisasi lengkap. Termasuk peran serta aktif pihak Dinas Kesehatan dalam mensosialisasikan pentingnya imunisasi bagi anak.

"Kita memberikan vaksin kepada siapa saja, sehingga pemberian vaksin merata," terangnya.

Pemberian imunisasi tidak saja dilaksanakan di Puskesmas maupun Posyandu. Akan tetapi pihak Dinas Kesehatan juga membagikan vaksin imunisasi ke bidan, klinik, rumahsakit, dokter praktik swasta, termasuk dokter spesialis anak.

"Jadi pelaksanaan imunisasi bukan di pemerintah saja, tetapi swasta juga diikutkan," terangnya.

Seperti diketahui, pemberian vaksin imunisasi di Puskesmas di Padang dilaksanakan setiap hari kerja. Sedangkan di Posyandu dilakukan sekali sebulan.(Charlie)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved