N3, Pariaman ~ Wakil Gubernur Nasrul Abit berikan arahan pada acara Rapat Forum Koordinasi SatPol PP dan Sat Linmas se Sumatera Barat,  di Anai Resort Padang Pariaman, Selasa malam (18/4/2017).

Hadir dalam kesempatan  itu Wadir Ditsus Polda Sumbar,  Utusan Kajati Sumbar, Kasat Pol PP dan Pemadaman Kebakaran Provinsi Zul Aliman,  SH.MM, Kasat Pol PP se Sumatera Barat dan jajaran.

Wagub Nasrul Abit dalam arahannya menyampaikan perlu  sinegritas dan koordinasi Sat Pol PP dan linmas Kab/ko se Sumbar,  Instansi Penegak Hukum, Kepolisian,  Kejaksaan dan TNI dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum di Sumatera Barat. Hal ini juga terkait dengan kondisi daerah yang rawan bencana, kasus tambang liar galian c yang telah merusak kawasan hutan, serta dalam penataan tata ruang kota yang lebih nyaman, tertib dan tentram.

Saat ini di Sumatera Barat begitu banyak kasus tambang illegal yang berdampak pula kepada bencana dan perusakan kawan hutan, yang belum dapat ditangani dengan baik di daerah. Walaupun kewenangan tambang sudah  beralih ke provinsi, diharapkan Satpol PP kabupaten / Kota dapat melakukan koordinasi dengan Satpol PP provinsi dalam penertiban tambang yang jika dibiarkan akan berdampak pada kerawanan kerusakan lingkungan yang dapat bermuara pada bencana alam, lonsor, banjir dan bencana lainnya, himbau Wagub Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menambahkan , selain itu kita juga mesti memahami Sumbar gudangnya bencana yang mesti disikapi dengan meningkatkan sinergitas berkoordinasi dengan badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Satpol PP dalam peran tupoksi sebagai penegak peraturan daerah (Perda) ,  yang tiap tahun bertambah sesuai kebutuhan dan kewenangan daerah, mesti dijalankan dengan sikap yang merakyat.  Jangan sampai ada sikap kasar yang melewati batas kemanusiaan.

Penindakan tegas iya seperti tindakan pembongkaran sesuai perintah  pemimpinan dilaksanakan,  akan tetapi lakukan lebih awal dengan pendekatan pendekatan yang baik, sosialisasi dan pertemuan yang forum dengan masyarakat setempat. Satpol PP memang perlu tegas dan berwibawa dalam menjalankan tugas agar dapat dihargai oleh masyarakat dan aparat terkait lainnya.

Dirgahayu Satpol PP ke-67 dan Sat Linmas ke-55 tahun 2017, semoga selalu memberikan pengabdian terbaik untuk kesejahteraan masyarakat,  ujar Nasrul Abit.

Kepala Satuan Pamong Praja Provinsi Sumatera Barat Zul Aliman, SH, MM dalam kesempatan itu menyampaikan pelaksanaan Rapat Forum Koordinasi dilakukan untuk menyamakan persepsi dalam hal pelaksanaan tugas dan fungsi Satuan Pol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat serta dalam penanggulangan Pemadaman Kebakaran di Sumatera Barat.

Kegiatan ini semua dalam memeriahkan dan memperingati HUT Sat Pol PP ke-67 dan HUT Satuan Perlinungan Masyarakat ke-55 tahun 2017 di Sumatera Barat, yang dilaksanakan di Padang Pariaman sebagai tuan rumah dan pusat kegiatan tahun ini, ungkapnya. Hms
 
Top