N3, Limapuluh Kota - Usai menggelar komitmen bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, mewujudkan Kabupaten layak anak.  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise juga mendapat kesempatan berkunjung dalam acara festival kuliner khas Limapuluh Kota, Selasa (18/4), di objek wisata lembah Harau.
 
Pada kesempatan itu, Yohana Yambise diberi kesempatan mencoba masakan kuliner khas daerah Limapuluh Kota dari berbagai Nagari yang ada. Diantaranya, Dendeng Pucuak Ubi, Dendeng Pigago, Punju Ikan, Karabu Baluik, Gulai Cipuik, Pongek Cubadak, Karabu Maco, Katan Sarikayo dan masih banyak lagi masakan khas lainnya.
 
Usai mencicipi masakan khas Limapuluh Kota itu,  Menteri Yohana Yambise memuji masakan yang diperlombakan,  menurutnya seluruh masakan yang ditampilkan sangat enak dimakan. " Kita tahu masakan di daerah Sumatera Barat ini sangat terkenal enaknya, begitu juga dengan masakan-masakan dari Limapuluh Kota"ujarnya dihadapan Bupati.
 
Seluruh masakan yang dicicipi menteri wanita asal Papua itu merupakan masakan yang dilombakan dalam festifal kuliner Khas Limapuluh Kota yang digelar Dispora Limapuluh Kota tanggal 18 hingga 19 April. " Makanan-makanan yang disiapkan itu merupakan masakan yang dilombakan"ujar kabid pariwasata," Nengsih kepada wartawan
 
Dikatakannya, Lomba festifal kuliner ini diikuti dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten itu sebagai bentuk semarak Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke 176 dan menduniakan Objek Wisata lembah Harau. " Besok Dispora juga akan mengadakan lomba kuliner sate seluruh Sumatera Barat"ujarnya. 
 
Usai menyantap makanan Menteri Yohana Yambise juga diberikan kesempatan bernyanyi bersama Bupati Irfendi Arbi, serta puluhan masyarakat yang hadir termasuk peserta lomba.
 
Pada kesempatan tersebut, menteri menyanyikan lagu daerahnya, “Apuse” dari desa Biak tempat tanah kelahirannya, Menteri juga mengajak semua undangan yang hadir untuk berjoget bersama ketika dirinya menyanyikan lagu. Tidak kalah dengan menteri, Bupati Irfendi Arbi juga menyumbangkan sebuah lagu kebanggaan Ranah minang, yang berjudul Kampuang Nan Jauah Dimato.(Rahmat Sitepu)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved