N3, Sumbar ~ Dalam rangka peringatan Hari Kartini Ny. Nevi Irwan Prayitno  talkshow bersama RRI di Istana Gubernuran.  Dalam Talkshow ini juga hadir Ny. Wartawati Nasrul Abit selaku Ketua BKOW Provinsi Sumatera Barat, Dian Bundo Kanduang, Izzati Aziz salah satu anggota DPRD Sumbar, pengusaha serta desainer muda Ade Irma  asal Sumatera Barat.

Sebagai isteri Kepala Daerah serta Ketua umum 9 organisasi seperti PKK, Dekranasda, LKKS, P2TP2A, Forikan, Himpaudi, TKI,YJI dan PPTI serta beberapa organisasi wanita lainnya, Ny. Nevi Irwan Prayitno merasa sama saja dengan istri istri biasanya yaitu mengurus rumah tangga, anak-anak dan mendampingi Bapak Gubernur dalam acara-acara resmi.

"saya menjalaninya dengan mengatur waktu yang seimbang sebagai ibu, istri, dan ketua dari organisasi dan juga peran sebagai anak dan menantu tidak boleh ada yang terabaikan, membagi waktu seimbang  begitupun kegiatan sosial untuk membantu masyarakat, "jelasnya.

Banyaknya kaum perempuan di Provinsi Sumatera Barat yang berkiprah dalam bidang ekonomi, sosial, budaya politik, pendidikan, olahraga, maupun dipemerintahan. Isteri Gubernur ini menanggapi hal itu merupakan keadaan yang positif. Melihat 49,97 % Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) perempuan yang ada  di Sumbar yang hampir setengahnya  aktif dalam dunia kerja.

"ini merupakan keadaan positif dimana perempuan tidak lagi hanya memasak , mengasuh anak atau membereskan rumah saja, perempuan sekarang sudah banyak menduduki posisi penting dan baik di pemerintahan maupun perusahaan swasta, dari zaman dahulu  sudah banyak yang maju seperti Ibu Roehana Koedoes, Ibu Rasuna Said, Ibu Siti Manggopoh, dan pejuang perempuan lainnya yang tak lupa dengan kodratnya sebagai isteri," ungkapnya.

Ny. Nevi menyampaikan Perempuan itu tiang negara, kalau baik perempuannya maka baik jugalah negara tersebut, tapi kalau sudah rusak kaum perempuannya maka negara itu akan rusak. Oleh sebab itu Ny. Nevi berharap perempuan di Sumatera Barat bisa mandiri dan kreatif serta semangat dalam menjalani sebagai istri, Ibu rumah tangga maupun anggota masyarakat . (humas/nayu)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved