N3, Internasional ~ Setelah menghadiri peresmian pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Philippine International Convention Center (PICC) Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju Museum Nasional Filipina (Pambansang Museo) untuk menghadiri acara spouse programme yang merupakan rangkaian KTT ASEAN ke-30 di Manila.
 
Setibanya di museum, Ibu Iriana yang didampingi oleh Ibu Sonya Riupassa, Isteri Duta Besar RI untuk Filipina disambut oleh Ibu Cielito Avanceña dan Direktur Jenderal National Museum sekaligus Kurator Jeremy Barns.
 
Dilansir dalam siaran pers Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, tepat pukul 11.40, acara dimulai dengan peninjauan sejumlah koleksi lukisan di lantai 1 museum yang didirikan sejak 1901 itu. Ibu Iriana yang menggunakan kebaya berwarna merah dipadu dengan kain batik sebagai bawahan tampak sesekali berbincang dengan Ibu Cielito Avanceña.
 
Selain Ibu Cielito Avanceña selaku tuan rumah dan Ibu Iriana, para istri pemimpin ASEAN yang hadir diantaranya adalah Ibu Naly Sisoulith, istri PM Laos Thongloun Sisoulith; Naraporn Chan-o-cha, Istri PM Thailand Prayuth Chan-o-cha; dan Thu Tran Nguyen, Istri PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc. Mereka pun kemudian berfoto bersama di depan lukisan hasil karya pelukis kenamaan Filipina Juan Luna yang berjudul “Spoliarium”.
 
Acara kemudian dilanjutkan dengan menyaksikan demonstrasi kerajinan tenun di IRI Gallery yang terletak di lantai 3 museum tersebut oleh pengrajin yang didatangkan langsung dari Cotabato Selatan, sebuah provinsi di dekat Mindanao di selatan Filipina.
 
Setelah meninjau pameran, Ibu Cielito Avanceña kemudian menjamu para tamunya dengan jamuan makan siang bersama di Old Senate Session, yang terletak di lantai 3 museum. Setelah jamuan makan siang selesai, para tamu kemudian disuguhi pertunjukan kesenian berupa tarian tradisional oleh grup tari Kalilayan Folkloric dan lagu-lagu oleh penyanyi cilik The Voice Filipina Darlene Vibares dan Reynan Dal-Anay.
 
Setelah rangkaian spouse programme selesai, Ibu Iriana Jokowi pun kembali ke hotel tempat menginap selama di Filipina dilepas di pintu utama museum oleh Ibu Cielito Avanceña dan Kurator Jeremy Barns. (Humas Kemensetneg)
 
Top