N3, Limapuluh Kota - Dalam rangka mengajak dan meningkatkan konsumsi ikan, Dinas Perikanan bekerja sama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Limapuluh Kota menggelar kegiatan sosialisasi Gemar memakan Ikan kepada masyarakat.
Sosialisasi Forikan ini, secara resmi dibuka Ketua Forikan Kabupaten, Monalisa Irfendi Arbi didampingi wakil ketua, Eka Ferizal Ridwan, Kepala Dinas Perikanan, Ir Refilza dan Ketua Kecamatan Forikan se Kabupaten Limapuluh Kota, di Hall Sago Bungsu, Tanjuang pati, Kecamatan Harau, Rabu (12/4).
Dikatakan Monalisa, sebagai lembaga yang berperan menjadi Inspirator, kreator, motivator dan aktivator terhadap gerakan memasyarakatkan makan ikan, Forikan diminta melibatkan seluruh komponen baik dari pihak pemerintah maupun organisasi mensosialisasikan manfaat kegunaan ikan bagi kesehatan.
" Dengan sosialisasi ini kita harapkan mampu mengajak masyarakat untuk menjadikan ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makan sehari-hari, sesuai dengan visi misi Forikan" ujarnya.
Dikatakannya, Forikan harus terus mendorong meningkatkan jumlah konsumsi  gemar makan ikan, menurutnya, dengan mengkonsumsi ikan ini dapat meningkatkan fungsi otak, mempercepat metabolisme pertumbuhan anak. ikan juga memiliki keunggulan dalam mengisi kebutuhan  gizi terhadap anak. Selain itu, kandungan omega 3 pada ikan juga sangat baik untuk ibu-ibu hamil hingga masa menyusui, begitu juga terhadap bayi yang mulai mendapat makanan tambahan.
Tidak hanya itu, menurutnya dengan mengkonsumsiikan ini juga dapat menurunkan resiko penyakit terhadap kesehatan. Diantaranya, mampu menghilangkan resiko penyakit jantung dan stroke,menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar lemak dan meningkatkan kolestrol baik. " Sayangnya, dari sekian manfaat memakan ikan konsumsi ikan di Kabupaten Limapuluh Kota masih tebilang rendah dari target konsumsi Ikan Nasional"ujarnya.
Untuk itu, dirinya meminta kepada Forikan agar melakukan penyebarluasan informasi dan penguatan edukasi kepada masyarakat luas, dengan menggelar kegiatan sosialisasi. Diantaranya, melakukan seminar manfaat memakan ikan, penyebarluasan materi promosi, keikut sertaan pada pameran, iklan layanan masyarakat, talkshow dan lomba masak serba ikan."Rencananya, kegiatan-kegiatan sosialisasi ini bakal kita gelar dalam waktu dekat ini "ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan, Ir Refilza dalam arahannya mengatakan, mudah-mudahan dengan diselengarakannya sosialisasi ini, nantinya dapat mencapai target Nasional dimana konsumsi ikan masyarakat mencapai  Angka Kecukupan Gizi (AKG) Sumatera Barat , 36,42 kg/kapita/tahun dan Nasional 41 kg/capita/tahun. 
" Sayangnya, berdasarkan data yang ada, tingkat konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota masih terbilang rendah. Pada tahun 2016 tercatat, konsumsi ikan baru mencapai 29,5 kg/kapita/tahun,"ujarnya.
Ir. Refilza juga meminta kepada pengurus Forikan baik pihak kecamatan maupun Kabupaten dalam mensosialisasikan gemar memakan ikan tidak hanya sebatas mengkonsumsi lauk pauk saja. Kepada suluruh anggota Forikan diharapakan juga mampu mensosialisasikan cara membudidayakan ikan.
" Kami menghimbau kepada seluruh anggota jangan hanya sekedar konsumsi saja, sebaiknya juga mensosialisasikan bagaimana cara membudidayakan dan memelihara ikan"ungkapnya.
Terkait Hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota, (hari ini,red) Kamis (13/4) , yang bertepatan pada hari Ikan Nasional Kabupaten Refilza juga berencana seluruh tamu undangan yang hadir nantinya bakal diberikan snack ikan, sebagai hidangan pembuka sidang paripurna DPRD ." Ini juga merupakan bentuk sosialisasi dari Dinas Perikanan dalam mengajak masyarakat mengkonsumsi ikan, serta peringatan perayaan hari Ikan Nasional di Kabupaten Limapuluh Kota"ujarnya.(Rahmat Sitepu)
 
Top