N3, Limapuluh Kota – Seperti yang telah ditetapkan Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Senin ini (3/4), seluruh pelajar SMK/SMA bakal mengikuti pengukuran capaian kompetensi pada pelajaran tertentu secara Nasional atau Ujian Nasional (UN) Tahun 2017.  UN ini bakal digelar dengan Dua Moda yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).
Sejak awal Maret lalu pemerintah telah mendistribusikan soal dan lembar ujian kepada Dinas Pendidikan yang ada di berbagai daerah seluruh Indonesia termasuk Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Khusus untuk Sumbar, seluruh soal ujian telah disebar Dinas Pendidikan setempat akhir pekan kemarin.
Dalam rangka menghadapi ujian Nasional itu, Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Irfendi Arbi meninjau langsung kesiapan para siswa, dalam menghadapi ujian Nasional tersebut. "Kita sengaja turun langsung ke sekolah guna meninjau kesiapan mental dan materi pembelajaran para siswa dalam menghadapi ujian Nasional tingkat SMA", ujar Bupati ketika mengujungi SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh, di Nagari Koto Tangah Simalanggang.
Dijelaskan Bupati, hal itu merupakan bentuk peduli pemerintah daerah kepada pelajar yang Akan mengikuti ujian Nasional. "Alhamdulillah seluruh Pelajar yang akan mengikuti UN tingkat SMA ini sudah menyiapkan diri dengan baik," ungkap Bupati.
Diharapkan, nantinya seluruh pelajar yang ada mampu menjawab soal yang telah disiapkan, sehingga nantinya para siswa lulus dengan nilai yang memuaskan dan melanjutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi. "Mudah-mudahan pelajar kita mampu menjawab seluruh pertanyaan dengan baik dan menerima hasil kelulusan dengan maksimal," tambahnya.
Pada kesempatan itu, selain meninjau kesiapan sekolah dan pelajar, bupati juga meberikan semangat dan motivasi kepada pelajar, menurutnya, kesuksesan itu akan mudah diraih jika para siswa serius dan tekun dalam belajar.
"Insya Allah, jika anak-anak tekun belajar, bapak yakin seluruh soal yang ada, akan mudah di jawab, jangan lupa sebelum ujian minta restu dan ridho orang tua. Mudah-mudah UN kita lancar dan Kabupaten Limapuluh menerima hasil maksimal nantinya", tutup Bupati. (Rahmat Sitepu)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved