N3, PadangPanjang - Pelaksanaan Ujian Nasional hari berjalan baik,  ada UNBK dan UNKP hal ini disebabkan kondisi fasilitasi masing-masing sekolah.  Baru  ada 47 persen pelaksanaan UNBK di Sumbar tahun ini dan SMA unggul 1 Sumbar melaksanakan UNBK di SMP 3 Padang Panjang yang telah lengkap fasilitas komputernya. Laporan Kadis Disdik diPadang Panjang UN SMA semua telah UNBK.

Ini disampaikan Wakil Gubernur Nasrul Abit ketika meninjau pelaksana UN di Padang Panjang,  Tanah Datar,  Agam dan Bukittinggi, Selasa ( 11/4/2017).
Ikut mendampingi Sekretaris Diknas Sumbar Drs.  Bustavidia, MSi,  Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan,  kita menyadari untuk melengkapi kebutuhan fasilitas komputer disekolah yang cukup besar, tidak sanggup pemerintah karena itu butuh partisipasi orang tua siswa dan masyarakat.  Ini dlakukan bagaimana UNBK tahun 2018 dapat dilakukan di Sumbar secara menyeluruh.

Dan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, diharap bupati / walikota serius mengurus pengelolaan sekolah SD dan SMP sehingga dapat siswa bermutu yang masuk SMA/SMK akan lebih menjamin kualitas pendidikan Sumbar yang lebih baik.  Kita tahu tingkat SLTA fokus pada persaingan siswa masuk perguruan tinggi.

Pemprov Sumbar tetap pada target keberhasilan pendidikan SMA dilihat dari jumlah siswa yang masuk perguruan tinggi negeri favorit, ujar Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menyatakan,  kita bangga dan senang dengan hasil yang dicapai SMA-SMA unggul Sumbar mampu memperlihatkan prestasi,  rata-rata lulusan SMA 1 Sumbar 97 persen masuk PTN dan 80 persen PTN di pulau Jawa.

Tentu ini juga inspirasi bagi kita bagaimana setiap Kab/ko memiliki sekolah unggul sehingga kita mampu fokus melahirkan siswa terbaik daerah yang kompetitif dan memiliki daya saing yang tinggi.  Tanpa itu rasa kita sulit meningkatkan kualitas SDM daerah,  dan sekaligus memberikan pelayanan pendidikan  disetiap daerah kepada masyarakat secara maksimal, ungkapnya.

Siswa SMA 1 Sumbar yang ikut tahun ini, 297 orang siswa dengan rincian,  73 orang UNBK : 51 jurusan IPA dan 22 orang IPS.

Wakil Gubernbur dan rombongan juga menyempatkan diri meninjau pelaksanaan UN di MAN Koto Baru Tanah Datar, SMA 1 Banuhampu Agam, SMA 1  dan SMA 2 Bukittinggi. Kota Bukitinggi pelaksanaan UN semua juga telah dengan berbasis komputer.  Hms
 
Top