N3, Limapuluh Kota - Melihat tentara masuk ketempat yang berlumpur mungkin bagi kita sudah biasa kalau untuk latihan fisik dan mental dalam pendidikan militer. Tapi ini lain lagi, dimana anggota prajurit TNI AD ikut turun ke sawah membantu para petani melakukan penanaman padi bersama-sama.
Faktanya itulah yang dilakukan Serma Ali Imron Babinsa Koramil 08 Kodim 0306-50 Kota, ketika melaksanakan pendampingan kepada petani dalam rangka pelaksanaan Program Upsus Tanam Padi pada Kelompok Tani Setia di Nagari Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota,
“Kegiatan pendampingan yang dilaksanakan Babinsa Koramil 08/AKB Kodim 0306/50 Kota ini bertujuan mendukung program swasembada pangan nasional, khususnya di wilayah Nagari Simalanggang ini karena bertepatan dengan musim tanam”, tutur Serma Ali Imron.
Ditambahkan lagi bahwa program swasembada pangan sangat penting dan butuh kerjasama aktif seluruh instansi terkait, elemen masyarakat mulai dari para petani, kelompok tani, petugas PPL serta Babinsa.
“Untuk mendukung dan menyukseskan program swasembaya pangan ini, Kodim 0306/50 Kota melalui Babinsa selaku petugas kewilayahan yang ada di lapangan, akan terus melaksanakan pendampingan dan pemantauan perkembangan pertumbuhan padi mulai dari penyiapan lahan, penyemaian, penanaman, pemupukan, pemberantasan hama sampai siap panen. sehingga program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah dalam waktu tiga tahun akan tercapai’ terangnya lagi.
Terlihat wajah sumringah dan bangga dari seluruh anggota Kelompok Tani Setia Nagari Simalanggang yang  senang dengan kehadiran anggota TNI AD dalam program penanam padi ini. Keberadaan pembela NKRI ini yang langsung serta merta turun ke sawah membuat para petani merasa sangat terbantu dan termotivasi untuk bercocok tanam dengan baik demi tercapainya tujuan program swasembada pangan. (Rahmat Sitepu)
 
Top