N3, Payakumbuh - Dunia pendidikan Kota Payakumbuh mendapat kunjungan kehormatan dari Malaysia.Tepatnya di SDN 02 Payakumbuh yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Balai nan Duo Kota Payakumbuh, yang saat ini kepalai Ideswal. Ideswal bersama majlis guru  sejak kemaren telah sibuk melaksanakan persiapan penyambutan. Sekitar pukul 8.30 pagi rombongan SD Kebangsaan Bandar Rengam Johor - Malaysia (21/03) yang berjumlah 25 orang melayu ini masuki lokasi SDN 02 Payakumbuh.

Rombongan disambut dengan tari pasambahan yang dibawakan siswa SDN 02 Payakumbuh. Penyambutan secara keprotokolan dilaksanakan di halaman sekolah menggunakan 2 buah tenda besar dan 1 tenda panggung. Tampak hadir dalam penyambutan ini Walikota, Staf Ahli, jajaran diknas dan kankemenag Kota Payakumbuh, tokoh adat dan agama kenagarian Koto Nan Ampek serta majelis guru dan walimurid ikut ramaikan penyambutan ini.

Setelah menyaksikan beberapa tari ranah minang yang diperankan siswa SDN 02 Payakumbuh, SD Kebangsaan Bandar Rengam Johor-Malaysia juga membalasnya dengan penampilan gamelan yang dimainkan 6 orang siswa SD Malaysia.

Dalam sambutan, Ketua rombongan atau juru latih (pembina) Cikgu Puan Dewi binti Masri yang juga merupakan keturunan Pitopang Dt. Rajo Malikan kenagarian Koto nan Gadang kec. Payakumbuh Utara, mengucapkan terima kasih atas penyambutan dan mengenalkan 19 orang cikgu juru latih dan 6 student yang tergabung dalam rombongan ini. Puan Dewi menjabat juru latih pengembangan sekolah yang membawahi 178 SD yang ada di Johor Malaysia.

Puan Dewi yang fasih dialeg bahasa melayu dan bahasa Minang ini menyampaikan, tujuan pendidikan di Malaysia khususnya di Johor adalah meningkatkan kualifikasi dengan dasar iman dan taqwa secara holistic. "Pola Sister School sangat baik untuk meningkatkan hubungan silaturrahmi antara 2 lembaga, khususnya di bidang budaya melayu dan minangkabau yang tak bisa dipisah, pada hakikatnya sama walau beda penerapan seperti syair dan pantun, dan kami ingin tengok langsung macam mana penerapannya di Payakumbuh".

Menyikapi sambutan dari perwakilan Malaysia, Walikota Payakumbuh diwakili Asisten III Iqbal Bermawi menyampaikan apresiasi sekali atas kunjungan antar 2 negara serumpun ini. Iqbal Bermawi juga menyampaikan maaf dari Walikota yang sedang mendampingi kunjungan anggota Legislatif di Surabaya.

Hubungan baik melalui Sister School sangat kita apresiasi dan ini merupakan inovasi yang digagas kepala sekolah SDN 02 Payakumbuh, Ideswal, semoga menjadi motivasi bagi kepsek lain, khususnya SDN di Payakumbuh. Hubungan kerjasama dibidang pendidikan dan budaya ini akan kita lanjutkan dengan pertukaran pelajar mendatang, sambut Iqbal Bermawi.

Penyambutan delegasi pendidikan dan kebudayaan Johor Malaysia ini juga ditampilkan berbagai macam budaya minangkabau, seperti tari dan randai serta cerita rakyat yang ditampilkan dalam perkusi. Rombongan juga disuguhi kuliner khas Payakumbuh seperti gelamai, wajik, beras rendang, batiah serta Payakumbuh sebagai tuan rumah juga telah menyiapkan rendang untuk rombongan SD Kebangsaan Rengam Johor Malaysia sebagai buah tangan sebagai saudara seru serumpun. (Rahmat Sitepu)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved