N3, Sumbar ~ 300 unit rumah tahap pertama yang di peruntukan bagi anggota Korpri Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) bakal terwujud di daerah Bungo Pasang, Kota Padang.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar Ali Asmar, bahwa peruntukan rumah untuk pegawai ini akan segera terwujud. Karena, dengan adanya rumah untuk pegawai ini sebab selama ini masih ada pegawai yang tidak memiliki rumah bahkan hingga mengkontrak rumah.

"Jadi, adanya rumah dengan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP)yang diberikan Bank Tabungan Negara (BTN) ini dapat meberikan kemudahan bagi pegawai untuk memiliki rumah sendiri," ujarnya usai penandatangan kerjasama Koprs Pegawai dengan BTN serta PT OGY Lambau Pratama tentang pengadaan perumahan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Sumatra Barat diruang kerja Sekdaprov, Rabu (22/3).

Selain itu, dengan adanya rumah nantinya dapat menjadi jaminan hidup ketika sudah memasuki usia pensiun karena telah memiliki rumah dihari tua. Sehingga, hidup lebih baik dan teratur.

Ia berharap, bahwa kerjasama ini nantinya dapat berjalan dengan lancar. Untuk itu, anggota Korpri dalam ikut serta pemilikan rumah ini memperhatikan juga penghasilannya, jangan sampai ada yang menunggak pembayaran.

Sementara itu, Kepala Cabang BTN Padang, Ali Irfan menyatakan, bahwa BTN merupakan salah satu bank pemerintah, dimana salah satu konsentrasinya di bidang perumahan. 

“Untuk itu, kami senantiasa ikut meningkatkan perekonomian Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dibidang perumahan,” tuturnya.

Tambahnya, BTN hanya penyandang dana KPR, sehingga untuk lokasi sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan konsumen. Maka, BTN mengandeng mitra untuk pembangunan rumah dengan mengandeng pengembang.

Jadi pembangunan ini merupakan tahap pertama dari target 3000 rumah Kredit Perumahan Rakyat (KPR) ber­subsidi untuk ASN di lingkungan Pemprov Sumbar. 

Sementara itu, Pengembang Jon Alim menyebutkan, bahwa telah bekerjasama dengan BTN dalam membangun perumahan sejak tahun 1989. Sehingga, untuk saat ini rumah yang akan dibangun bagi Korpri Pemprov pada tahap pertama sekitar 300 unit di Bungo Pasang, Padang.

"Jadi ada sekitar lima lokasi yang akan dibangun rumah untuk pegawai ini. Sehingga, kita contohkan nanti akan ada perumahan 1,2,3,4 dan selanjutnya pada pembangunan selanjutnya ," pungkasnya. (bob
 
Top