N3, Payakumbuh - Proses perencanaan pembangunan kota Payakumbuh tahun 2018 telah dimulai. Berbeda dari tahun sebelumnya, perencanaan pembangunan untuk tahun depan itu, berbasis elektronik atau dilakukan secara online. Perencanaan berbasis elektronik (e-planning) adalah suatu upaya peningkatan kualitas proses perencanaan pembangunan daerah, agar menjadi lebih transparan, efektif, efisien, dan akuntabel. Hal tersebut disampaikan Kepala Bappeda Kota Payakumbuh, Rida Ananda, diruang kerjanya.
 
Lebih lanjut Rida menjelaskan, proses e-planning dimulai dari musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) kelurahan. Hasil dari musrenbang kelurahan dimasukkan admin e-planning kelurahan ke sistem, berupa 20 usulan yang terdiri atas 15 prioritas dan 5 cadangan. Selanjutnya, usulan yang sudah terekam tersebut dibahas di musrenbang kecamatan untuk menentukan 10 prioritas dari setiap kelurahan.
 
“Jadi kalau dalam satu kecamatan terdapat 9 kelurahan, berarti terdapat 90 prioritas kecamatan. Prioritas-prioritas ini ditinjau oleh OPD bersama tim investigasi untuk menentukan apakah usulan yang dimaksud layak untuk disetujui atau ditolak secara teknis. Disetujui atau ditolak, dibahas dalam forum OPD”, terang Rida.
 
Salah satu kelebihan e-planning, kata Rida, sangat terasa dalam Forum OPD, yang baru saja usai digelar tiga hari sejak Senin (20/3) kemarin.  Melalui sistem e-planning, para peserta yang terdiri dari jajaran perangkat daerah dilingkungan kota Payakumbuh, delegasi kecamatan dan tokoh masyarakat, dapat mengetahui dengan mudah usulan yang ditolak dan diterima. Sehingga lebih memudahkan diskusi dan pencapaian kesepakatan.
 
“Delegasi masyarakat yang mempertanyakan usulan yang hilang  bisa ditelusuri dengan cepat melalui sistem.  Seperti tadi ada yang mempertanyakan tentang pembangunan kantor kelurahan yang tidak terdapat dalam prioritas OPD Pekerjaan Umum. Ternyata setelah ditelusuri lewat sistem, pembangunan kantor dimaksud sudah masuk OPD kecamatan, dan sudah dibahas pada hari Senin dibidang Sosial Budaya”, paparnya.(Rahmat Sitepu)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved