Melirik Syurganya Dunia "Lembah Harau Nan Indah"


N3, Limapuluh Kota – Untuk mempromosikan Lembah Harau menjadi Objek Wisata yang mendunia, serta menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota yang ke 176, Pemerintah Kabupaten setempat bakal menggelar berbagai iven besar di Kabupaten itu.

“Sesuai rencana pada tahun 2017 ini, panitia pelaksana telah menyiapkan tiga rangkain acara seni dan budaya. kegiatan ini bertujuan sebagai ajang promosi wisata, guna menggenjot wisatawan sekaligus sebagai perayaan hari jadi kabupaten Limapuluh Kota yang jatuh pada Bulan April mendatang. Ketiga Ivent itu diantaranya, Pekan Budaya, Pasa Harau Alt & Culture Festival serta Kemilau Lembah Harau” terang Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Irfendi Arbi .

“ Guna membangun daerah dan memperkuat budaya di Kabupaten ini, dalam waktu dekat akan ada tiga ivent seni dan budaya, untuk itu saya mohon dukungannya agar kegiatan terlaksana dengan baik” papar  Bupati ketika dihubungi wartawan kemarin.

Dijelaskannya, Pada acara Pekan Budaya yang digelar pada pertengahan April mendatang akan menampilkan berbagai macam budaya, seni, serta menyuguhkan produk unggulan daerah, sekaligus ajang promosi produk lokal milik Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Limapuluh Kota. “ Yang jelas kegiatan tahunan ini, bakal lebih menarik mungkin dibanding pada tahun sebelumnya” ujar Bupati.

Selain Pekan budaya, pada bulan Agustus mendatang juga digelar Pasa Harau dan Kemilau Lembah Harau, pada kegiatan yang digagas komunitas Harau ini, turis manca Negara dan turis lokal akan menyaksikan  berbagai macam seni tradisi Minangkabau.  “ Ini merupakan salah satu program mengembangkan potensi wisata lembah Harau. Diharapkan, memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pariwisata dan ekonomian masyarakat Limapuluh Kota, khususnya Nagari Harau,” ungkap Bupati.
 
Sementara itu, menurut panitia Pasa Harau dalam media sosialnya mengatakan, dalam kegiatan ini, pengunjung Pasa Harau nantinya bakal merasakan dahsyatnya berkampung halaman di Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Pasalnya, selama Tiga hari Dua malam pengunjung bakal disuguhkan berbagai rangkaian acara dan makan terbaik di Lembah Harau.
Diantaranya, kegiatan pacu jawi, pacu itiak, pacu cakau baluik dan buru babi khas masyarakat minang, selain itu pengunjung nantinya juga bakal menjadi bagian dari permainan rakyat minang.

Bagi penikmat musik juga bakal diadakan panggung Haraukustik yang akan menaghadirkan grup-grup temporer, bagi pengunjung penyuka alam panitia juga bakal menggelar kegiatan trecking, panjat tebing dan tour keliling lembah harau.” Penasaran dengan kegitan kegiatan ini, datang saja pada acara Pasa harau yang akan dihelat 25-27 Agustus mendatang, bakal ada kegiatan kegiatan menarik lainya”ulasnyanya. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post