N3, Padang ~ Pemerintah Kota Padang menggelar Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Hotel Pangeran Beach Padang, Rabu (1/3). Dalam forum itu ditampung setiap usulan masyarakat di sebelas kecamatan di Kota Padang pada Musrenbang lalu. Usulan itu nantinya akan dimasukkan ke dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kota Padang 2018.

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo membuka kegiatan tersebut. Mahyeldi berpesan agar seluruh usulan masyarakat dapat tersampaikan dalam forum tersebut. "Seluruh usulan warga melalui Musrenbang kecamatan agar dapat tersampaikan di sini," sebutnya di depan seluruh perangkat kerjanya.

Karena itu, Walikota Padang sangat berharap seluruh camat menyampaikan dengan baik seluruh usulan masyarakat. Apalagi dalam Musrenbang tingkat kecamatan selalu diikuti oleh OPD terkait. "Kita berharap nanti OPD terkait dapat mengakomodir, termasuk DPRD juga ikut mendukung usulan tersebut," kata Mahyeldi.

Pentingnya usulan warga didengarkan dan diakomodir karena usulan tersebut berasal dari bawah. Dimulai dari rembug warga hingga ke Musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan. "Kita harus profesional dalam hal ini. Kita sikapi dengan baik sehingga masyarakat merasa terperhatikan," ujar Walikota Padang.

Sisi lain, walikota menyampaikan banyak hal dalam forum tersebut. Mulai dari rencana pembangunan serta hasil pembangunan yang telah tercapai.

Walikota mengatakan upaya mengatasi banjir yang selama ini menghantui warga telah terlaksana baik. Tidak terjadi lagi banjir di Kota Padang, meski hujan turun dengan deras.

"Alhamdulillah, sejak 2016 lalu kita sudah bisa mengatasi banjir, namun begitu kita tak ingin takabur," kata walikota.

Mahyeldi juga sempat menyinggung kondisi Pasar Belimbing yang setiap waktu selalu macet. Pemko Padang pun telah berencana untuk mengatasi itu."Rencana un tuk Pasar Belimbing kita bayar kontan pada 2018 karena sudah diakomodir dalam Musrenbang Kecamatan," ungkapnya.

Pada kesempatan itu Anggota DPRD Kota Padang Surya Jufri Bittel berharap agar APBD Kota Padang 2018 nanti dapat mengakomodir setiap usulan warga tersebut. "Muatan RKPD 2018 harus mengakomodir pelayanan dasar seperti kesehatan, pendidikan, dan lainnya," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Padang Rudy Rinaldy menerangkan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Forum OPD yakni sebagai pedoman penyusunan rencana pembangunan daerah agar lebih terarah, tepat sasaran, tepat waktu dan sinergis antar sektor dan wilayah. Termasuk sebagai pedoman bagi penyelenggaraan Forum OPD di lingkungan Pemko Padang.

"Kita harapkan peserta dapat mengetahui mekanisme pelaksanaan Forum OPD, serta forum ini dapat terarah sesuai ketentuan," ucapnya.(Charlie / Tafrizal / DU / Yurizal / Adhy)
 
Top