N3, Payakumbuh - Dalam rangka kunjungan lapangan, Komisi C DPRD Payakumbuh yang dipimpin, Ir. Ahmad Zifal, turun melakukan peninjauan terhadap proses pelayanan kesehatan yang dilakukan pemko Payakumbuh. Kali ini, pelayanan kesehatan yang menjadi sasaran kunjungan anggota Komisi C adalah Puskesmas Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat.
 
Didampingi anggota Komisi C, Basri Latief, Ismet Harius, Marhidayandi didampingi Kasubag Fasilitasi Fungsi Pengawasan, Alhamra, para wakil rakyat DPRD Kota Payakumbuh itu fokus meninjau aspek pelayanan di Puskesmas Payolansek tersebut, termasuk mengawasi tempat pembuangan limbah.
 
“Sehubungan dengan pembuangan limbah, harus memenuhi standar karena kita tidak ingin keberadaan limbah ini berdampak negatif kepada lingkungan dan kesehatan masyarakat,” ujar Ahmad Zifal.
 
Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Desmon Corina, yang menyambut kedatangan Komisi C di Puskesmas Payolansek, mengatakan kepada anggota Komisi C bahwa, pelayanan yang dilakukan Puskesmas Payolansek sudah berjalan dengan baik.
 
“Tingkat pelayanan yang dilakukan pihak Puskesmas Payolansek, sudah mengacu sesuai standar pelayanan operasional yang berlaku. Untuk kedepannya, pelayanan ini akan lebih kita tingkatkan lagi, agar seluruh masyarakat yang berobat di Puskesmas Payolansek dapat merasa nyaman,” ujar Desmon Corina.
 
Sementara itu Kepala Puskesmas Payolansek, dr. Rahmawati,SKM, juga menyatakan bahwa pelayanan BPJS sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan yang telah digariskan oleh pihak BPJS. “Pelayanan kesehatan bagi pasien, harus ada rujukan terlebih dahulu dan baru ditindaklanjuti ke BPJS,” sebut dr. Rahmawati,SKM.
 
Anggota Komisi C DPRD Payakumbuh, mengapresiasi tingkat pelayanan yang telah diberikan pihak Puskesmas Payolansek kepada masyarakat.
 
“ Rekomendasi Komisi C DPRD Payakumbuh kepada pihak Dinas Kesehatan, utamanya kepada pihak Puskesmas Payolansek, agar terus metingkatkan pelayanan prima kepada masyarakat, sehingga setiap masyarakat yang pergi berobat ke Puskesmas tersebut, merasa nyaman,” ujar Ketua Komisi C Ahmad Zifal dan diamini oleh anggota Komisi C, Basri Latief, Ismet Harius, Marhidayandi.
 
Rombongan Komisi C DPRD Payambuh selain turun melakukan peninjauan ke Puskesmas Payolansek, turun ke lapangan melihat langsung kondisi sekolah SD Negeri Subarang Batuang dan SMP 5 Tiakar. Sehari sebelumnya, Komisi C juga turun ke tempat pengolahan Tinja di Sungai Durian dan RSUD Adnaan WD Payakumbuh. (Rahmat Sitepu)
 
Top