Kejar Target, Forikan Kabupaten Limapuluh Kota Dikukuhkan

N3, Limapuluh Kota – Dalam rangka mengkampanyekan kepada masyarakat untuk mengkomsumsi ikan secara teratur, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota mengukuhkan pengurus Forum Peningkatan Komsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Limapuluh Kota, di aula kantor Bupati lama, Rabu (15/3).
 
Pengukuhan itu dilakukan Bupati Irfendi Arbi kepada Ketua Umum Forikan Limapuluh Kota, Ny Monalisa Irfendi Arbi, wakil ketua I, Ny Eka Ferizal Ridwan dan wakil ketua II, Ny Eva Yendri Tomas. Usai pelantikan ketua Kabupaten, pada kesempatan itu Ny Monalisa Irfendi Arbi juga melantik ketua Forikan Kecamatan, pengurus dan anggota Forikan se Kabupaten Limapuluh Kota.
 
Ikut hadir, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumbar Yosmeri, Kepala Dinas Perikanan Limapuluh Kota Refilza, Kepala Dinas Pendidikan Radimas, pihak Kecamatan serta undangan lainnya.
 
Bupati Irfendi Arbi dalam paparannya mengatakan, dengan dilantiknya pengurus Forikan di Kabupaten Limapuluh Kota diharapkan mampu mewujudkan program pemerintah dalam mengajak masyarakat gemar mengkomsumsi ikan yang banyak mengandung manfaat ini.
 
“ Seperti kita ketahui, ikan memiliki nilai protein dan gizi yang sangat tinggi, ditambah dengan omega 3 yang berfungsi mencerdaskan otak. Untuk itu, dengan gemarnya masyarakat Limapuluh Kota mengkomsumsi ikan ini, nantinya akan melahirkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas” ujar Bupati yang dibacakan Asisiten II Bidang Perekonomian, M Yunus dalam pidatonya.
 
Sementara itu, Monalisa selaku ketua umum Forikan Kabupaten Limapuluh mengharapkan pengurus Forikan kecamatan yang baru saja dikukuhkan, diminta gencar mengkampanyekan ke tengah masyarakat untuk gemar mengkomsumsi ikan.
 
“ Mudah-mudahan dengan adanya pengurus Forikan di setiap Kecamatan, Komsumsi ikan ditengah masyarakat semakin meningkat. Untuk mensukseskan kegiatan itu salah satunya dengan mengkampanyekan gerakan gemar memakan ikan” ujar Monalisa.
 
Sementara itu, kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumbar, Yosmeri menuturkan dengan hadirnya Forikan di Kabupaten Limapuluh Kota akan membuka dan memberikan pengetahuan, akhirnya mampu merobah pola piker dan prilaku masyarakat untuk mengkomsumsi ikan.
 
Menurutnya, ini merupakan gerakan moral yang memotifasi masyarakat untuk mengkomsumsi ikan secar teratur dalam jumlah yang di isyaratkan bagi kesehatan. “ Ini merupakan Program Nasional dalam sebuah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur. Untuk itu, diharapkan seluruh anggota Forikan ini nantinya mengajak masyarakat untuk mengetahui tingginya kandungan gizi yang terdapat dalam daging ikan” ungkapnya. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post