Forikan Payakumbuh Sosialisasikan Gemarikan

N3, Payakumbuh - Dalam rangka mensosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) kota Payakumbuh melalui Dinas Pertanian mengadakan rapat koordinasi persiapan tim Forikan daerah dalam mensosialisasi program tersebut di salah satu resto, Koto Tangah Payakumbuh.

Acara dibuka oleh Walikota yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Syahril, serta didampingi oleh Kabid Perikanan Betri Yetti dihadiri oleh seluruh utusan organisasi perangkat daerah (OPD), UPT Puskesmas, UPT Pendidikan dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kadis Pertanian Syahril menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini adalah dalam rangka persiapan Forikan kota Payakumbuh dalam mensosialisasikan Gemarikan untuk tahun 2017. Karena kegiatan ini adalah Program Nasional yang merupakan sebuah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang disyaratkan.

“Gemarikan adalah  gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang disyaratkan bagi kesehatan”, ungkap Kadis Pertanian Syahril.

Kemudian Kadis Syahril melanjutkan, sosialisasi yang dilaksanakan oleh Forikan nantinya  mengajak masyarakat untuk mengetahui tingginya  kandungan gizi yang terdapat dalam daging ikan serta memperkaya pengetahuan masyarakat dalam membuat olahan makanan dengan bahan dasar ikan.

Selanjutnya rapat koordinasi ini juga ditujukan untuk mempersiapkan kota Payakumbuh dalam Lomba Forikan tingkat Propinsi Sumatera Barat tahun 2017.

“Forikan kota Payakumbuh haruslah menyiapkan segala sesuatunya untuk mengikuti lomba Forikan tingkat propinsi Sumatera Barat 2017 nanti”, himbau Syahril.

Kadis Pertanian Syahril menambahkan lomba Forikan pada dasar akan menilai bagaimana komitmen pemerintah daerah dalam mensosialisasikan dan mengimplementasikan Gemarikan di masyarakat.

Sementara itu Kabid Perikanan Betri Yetti menginformasikan bahwa sebelum terjun dalam lomba Forikan tingkat propinsi, Forikan kota Payakumbuh kembali melakukan sosialisasi Gemarikan di masyarakat seperti di sekolah/PAUD,  rumah makan, dan restoran supaya adanya peningkatan mengkonsumsi ikan oleh warga serta mengadakan lomba masak berbahan ikan.
“Dari hasil implementasi Gemarikan dan lomba tingkat kota, akan didapatkanlah wakil-wakil Payakumbuh yang akan mengikuti lomba Forikan tingkat propinsi nantinya”, pungkas Betri.(Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post