N3, Padang - Tahun 2017 ini, akan melakukan pembenahan terhadap objek wisata yang ada di Kota Padang, baik sarana dan prasarananya, serta aspek pendukung lainnya yang dapat mengubah perekonomian masyarakat setempat ke arah yang lebih baik dan meningkat serta demi kemajuan pariwisata kota padang di kemudian hari sesuai dengan perencanaan yang telah ada, ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang, Medi Iswandi hari ini dihadapan Komisi IV DPRD Padang bersama rombongan dalam hearing Komisi IV ke Dinas Pariwisata terkait program kerja 2017 diruang kerjanya

Untuk program yang ada diantaranya melakukan pembinaan terhadap para masyarakat yang membuka usahanya disana, yakni bagaimana usaha mereka laris terjual serta dicari pengunjung. Dalam hal ini tentu pola yang ada harus steril kawasannya, bersih dan enak makanan yang di tawarkan. Untuk pelaksanaan ini jelasnya,  sosialisasinya juga dibantu oleh para chef dari hotel, rumah makan dan lain sebagainya.

Lebihlanjut disampaikan, untuk kegiatan fisik pelaksanaan nanti akan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umumdan Perumahan Rakyat (PUPR), yakni pembangunan pedestrian sepanjang satu setengah kilo yang berada disepanjang pantai padang, pembenahan taman dan parkir di kawasan pantai air manis dan jalan di kawasan Siti Nurbaya.

"Untuk semua yang mencakup sarana prasarana pelengkapnya ada di Dinas Pariwisata sedangkan pembangunan, penataan dan lainnya dibantu oleh OPD lainnya, seperti Dinas PU, Bapenda, UMKM dan Satpol PP. Terkait anggaran dalam pelaksanaan ini ada sekitar Rp10 miliar untuk fisik dan Rp6 miliar untuk pembinaan kepada masyarakat, " paparnya.

Ketua Komisi IV DPRD, Surya Jufri Fraksi Demokrat meminta kepada pemko melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk tidak melakukan pembenahan serta penataan objek wisata di satu tempat saja, agar tempat wisata lain tidak tertinggal nantinya.

Dinas terkait diminta harus juga melirik kawasan lainnya, agar kemajuan kawasan laain tersebut terlihat juga nanti. Selain itu sinkronisasi dari program yang ada, diminta agar berjalan sesuai perencanaan agar nanti dikemudian hari tidak terjadi persoalan lagi.

Sementara Faisal Nasir, Sekretaris Komisi IV DPRD Padang Fraksi PAN memberikan apresiasi yang baik terhadap program yang akan dilaksanakan. Dia berharap ini dapat terealisasikan dengan baik-baiknya, agar perekonomian masyarakat dikawasan wisata Kota Padang bisa meningkat serta kemajuan pariwisata juga ramai di masa yang akan datang.

Kepada Disbudpar untuk duduk  nanti bersama kami Komisi IV, jika ada kendala dalam pelaksanaan pembangunan yang akan dilaksanakan. Kami bersama  anggota komisi yang ada, siap memfasilitasinya, demi kemajuan wisata padang serta demi meningkatnya kesejahteraan masyarakat, " ungkapnya.(M7)
 
Top