N3, Padang ~ 
Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal, program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat RI yang didanai Islamic Development Bank (IDB) telah selesai dibangun di kawasan Palarik RW VII Kelurahan Aie Pacah, Kecamatan Koto Tangah. Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo, meresmikan pembangunan 2 unit IPAL yang menampung untuk 50 rumah di kawasan tersebut, Kamis (2/2).

Walikota mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan terima kasih dengan telah dibangunnya IPAL Komunal di beberapa kawasan di Kota Padang.

''Alhamdulillah, sebanyak 15 IPAL dari program Sanimas IDB ini telah dibangun di Kota Padang. Semoga saja, ke depan bisa lebih ditingkatkan lagi, mengingat masih banyaknya air limbah yang masih tidak terkelola di beberapa kawasan di Kota Padang," sebutnya,

Mahyeldi mengatakan, dengan adanya bantuan pembangunan IPAL tersebut memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kesehatan masyarakat. Karena saluran-saluran air limbah dari rumah masyarakat akan tertampung secara baik. Kemudian, juga akan menghadirkan limbah air yang baik dengan tidak beracun dan tidak merusak lingkungan.

"Maka itu kepada kita semua, mari kita rawat dan jaga IPAL ini dengan sebaik-baiknya. Semoga badan pengelola dari Sanimas ini bersama masyarakat mampu memelihara dan mengatur segala sesuatunya. Sehingga IPAL ini dapat berfungsi dalam waktu yang lebih lama,''ujarnya.

Adapun dalam dalam kegiatan itu turut hadir, Kepala Satker Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman (PSPLP) Sumbar, Irman, Camat Koto Tangah Syahrul, Lurah Aie Pacah Marzuki, perwakilan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Palarik Ikhlas RW VII Aie Pacah, tokoh masyarakat setempat dan lainnya. (David/Adi)
 
Top