N3, Padang ~ Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kota Padang kembali bergerak ke kecamatan. Kali ini, Jumat (24/2), tim tersebut berada di Kecamatan Lubuak Bagaluang. Sosialisasi yang diadakan di Aula Kantor Camat Lubuak Bagaluang menghadirkan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansyarullah Dt Marajo. Walikota menegaskan, Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang menyelamatkan seluruh warga di dunia dan akhirat kelak. 

"Kehadiran Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang menyelamatkan kita di dunia dan akhirat," ujar Mahyeldi di depan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di kecamatan itu.

Disebut menyelamatkan warga di dunia dan akhirat karena Tim Saber Pungli mengajak seluruh warga, terutama para pekerja untuk bekerja profesional, tidak menyimpang. Menghasilkan kinerja excelent.

"Tim yang dibentuk ini menegakkan syariat Islam. Mengingatkan kita dari perbuatan menyimpang dan dilarang agama," tutur Mahyeldi.

Ditekankan Mahyeldi, bekerja profesional tidak saja menghasilkan output, akan tetapi menghasilkan outcome. Termasuk bekerja secara transparan. "Ini yang namanya profesional," tukuk Walikota Padang.

Walikota mengapresiasi sosialisasi yang dilakukan Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang ke setiap kecamatan. Dengan sosialisasi yang dilakukan membuat seluruh masyarakat paham.

"Pungli itu ketika uang rakyat dikeluarkan tanpa ada dasarnya. Itu yang namanya pungli," ucap Mahyeldi. Karena itu Mahyeldi mengajak seluruh warga untuk berani dan tegas saat berurusan.

"Ketika ada petugas yang meminta bayaran, tanyakan untuk apanya. Pungli itu terjadi ketika tidak ada dasar aturan, sesuatu yang tak jelas dan tak ada aturan itu, menjadi peluang bagi orang tak berniat baik," ujar Mahyeldi.

Walikota mengimbau seluruh perangkat kelurahan dan kecamatan berjelas-jelas dan transparan terhadap aturan kepada seluruh masyarakat.

"Pungutan boleh, tetapi sesuai dengan aturan tertulis dan jelas produknya. Ini yang harus disampaikan kepada masyarakat, sehingga transparan," katanya.

Di penghujung acara, Walikota Padang berharap seluruh ASN Pemko Padang tidak ada yang tertangkap tangan karena pungli. "Jangan sampai terjadi, tidak rela saya bila terjadi," pungkasnya.

Sementara Camat Lubuak Bagaluang Rosail mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada seluruh ASN di lingkup kerjanya. "Kita terus sosialisasikan sejak Tim Saber Pungli terbentuk," ujarnya.

Dalam sosialisasi itu hadir diantaranya Inspektur Kota Padang Andri Yulika, Kepala Kantor Kesbangpol Mursalim, dan lainnya. Juga tampak hadir sejumlah lurah dan perangkatnya. Sebelumnya Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang telah melakukan sosialisasi di Kecamatan Nanggalo.(Charlie)
 
Top