N3, Tarakan - Pelaku UKM di Indonesia didalam dunia digitalisasi ekonomi pada jaman teknologi dewasa ini dituntut agar menciptakan pengusah yang siap saing dalam menghadapi mea, Telkom sebagai salah satu CSR yang bergerak dibidang telekomunikasi tampaknya mendukung kepada UKM dan Pelajar baik Mahasiswa, SMU dan SMK untuk menjadi Jutawan dan Milyuner di daerah kota Tarakan.

General Manager EVP areal Telkom Kalimantan Edwin Aris Setiwan, ketika berkunjung ke Rumah Kreatif BUMN di Mulawarman, sangat  mendukung kegiatan pelaku UKM dan Pelajar untuk dididik menjadi Jutawan dan dan Milyuner diekonomi berbasis digitalisasi, dirinya berharap agar para pelaku UKM dan Pelajar memanfaatkan Peluang yang diberikan oleh CSR dan Telkom, karena Tarakan memiliki peluang menjadi pengusaha di era digitalisasi.

" saya liat peluang masyarakat dan pelajar menjadi pengusaha dengan berjualan online dijaman digitalisasipeluang sangat besar, misalnya para pelaku UKM dan pelajar bisa menjajakan produknya ke baik di tarakan ataupun diluar tarakan tanpa mengoptimalakan tenaga marketing yang banyak dan brosur atau spanduk" terng Edwin.

Edwin berharap agar produk ukm ditarakan agar difokuskan kepada produk unggulan seperti yang diharapkan pemerintah provinsi Kalimanatan Utara, sehingga dengan pemasaran melalui handphone atau media lainnya di era digitalisasi bisa menciptakan jutawan muda atau miliyuner asal Tarakan.

Perkembangan digitalisasi yang semakin pesat dan maju apa lagi dengan kedatangan MEA,diharapkan lulusan pelajar juga sudah siap berdaya saing contonya SMK Hangtuah dan SMK 3 Juata sudah mengikuti program dalam berbagi pelatihan kuliner dan cara berjualan produk melalui handphone mereka ke pasaran, Menurut Erwin Telkom akan menfasilitasinya dengan memberikan akses yang bersifat grup wifi agar bisa memasarkan produknya sehingga siap tampil menjadi bos muda.

" Jika produknya berkualitas Telkom akan siap melakukan pendanaan dan membantu pemasarannya, sehingga pelajar bisa mandiri dalam ekonominya tentu tidak mengurangi pelajarannya di sekolah menurun" Jelas Edwin.

Edwin berharap para Pelajar dan pengusaha bisa melakukan terobosan produk terbaik dan menarik dalam memasarkan di era digitalisasi berbasis telekomunikasi, sehingga peluang besar tersebut bisa membentuk jati diri Tarakan yang menciptakan jutaan usaha dan pengusaha yang berasal dari Tarakan. Tutup Erwin. Reporter Bonar Sahat
 
Top