N3, Padang ~ Pemerintah Kota Padang melakukan berbagai upaya guna memastikan distribusi bahan pangan berjalan lancar sampai di pasar hingga ke konsumen. Termasuk menggelar operasi pasar (OP) pada saat ada kecenderungan lonjakan harga.

Menurut Walikota Padang H. Mahyeldi, pengawasan bahan pangan di Kota Padang tidak saja dari sisi distribusi, namun juga antisipasi pergerakan harga sampai pada keamanan pangan itu sendiri. Sehingga perlu ada koordinasi lintas sektoral, yaitu Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta pihak terkait lainnya. 

"Koordinasi lintas sektoral sangat diperlukan guna kelancaran distribusi bahan pangan, juga menjamin keamanan pangan ," kata Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo usai membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan Daerah di Ruang Abu Bakar Jaar, Balaikota Padang, Selasa (7/2/2017). Mahyeldi mengatakan, lalu lintas distribusi bahan pangan bukan saja berpengaruh terhadap kebutuhan warga tetapi juga berdampak terhadap fluktuasi inflasi.

"Ketersediaan bahan pangan bukan saja mempengaruhi harga dan memicu inflasi tetapi juga mempengaruhi ekonomi masyarakat, " imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Padang Heryanto Rustam menyebut, ketersediaan bahan pangan untuk tahun 2017 relatif aman dari tekanan harga dan tidak begitu berpengaruh terhadap inflasi.

'Untuk mencegah terhadap kelangkaan pangan maka kita lakukan Rakor Dewan Kemanan Pangan, "tukn(DU/Ch/Yz)
 
Top