N3, Payakumbuh - Pertemuan ninik mamak 10 nagari yang berada di kota Payakumbuh di gelar di rumah gadang Dt. Sinaro Kayo, ka Ampek Suku Bodi Caniago kelurahan Sei. Pinago. Nampak ratusan orang terlihat memenuhi halaman rumah gadang Minangkabau yang masih terawat dan kokoh berdiri. Para ninik mamak didampingi dubalang dan mantinya duduk di kursi yang sudah di siapkan oleh tuan rumah.

Hadir dalam pertemuan itu pasangan calon walikota dan wakil walikota Suwandel Muchtar dan Fitrial Bachri, YB. Dt. Parmato Alam, Ketua KAN Koto Nan Ampek, Pucuk adat Kenagarian Aie Tabik Dt. Paduko Rajo Lelo serta para datuk datuk dari Nagari Limbukan, Aur Kuniang, Tiakar, Payobasung, Aie Tabik, Koto Nan Gadang dan Lamposi Tigo Nagori. 

Suasana penuh persaudaraan dan kekeluargaan yang kental diperlihatkan para pemangku adat dari lima kecamatan di kota Payakumbuh ini. Jika sebelumnya di beritakan di http://www.nusantaranews.net/, sekarang seluruh ninik mamak kembali berkumpul di Koto Nan Ampek.

Dalam sambutannya YB. Dt. Parmato Alam dari Nagari Aua Kuniang menaruh harapan yang tinggi kepada calon pemimpin kota Payakumbuh untuk membuat program Kelestarian Adat Minangkabau seperti memperperjelas posisi ninik mamak di nagari, berfungsinya lembaga lembaga adat.

Hal senada juga di utarakan oleh Pucuk Adat Nagari Aie Tabik Dt.Paduko Rajo Lelo dimana para ninik mamak bisa berkontribusi kepada nagari dan kota Payakumbuh sesuai dengan fungsinya. “Ambo minta para angku datuak datuak kasadonyo untuk konsisten memilih paslon kito Suwandel Muchtar Fitrial Bachri, Agar kito samo samo sampai menyampaikan kapado kaum masiang masiang tentang dukungan kito terhadap paslon pilihan kito ko”, himbau Dt.Paduko Rajo Lelo.

Sedangkan salah seorang Datuk dari kecamatan Payakumbuh Utara Dt. Marajo Nan Itam mengatakan bahwa memang Nagari Koto Nan Gadang adalah basis dari paslon nomor urut 2 tapi simpatisan W-Fi juga banyak disana “Kalau ka iyo manjadi nomor satu butuh kerja keras dan komitmen nan kuek, semoga indak manjadi angan angan sajo,”tantangnya.

Dari Lamposi yang diwakili DT. Tuluh juga mengungkapkan dukungannya terhadap pasangan W-Fi, dengan harapan nantinya bila W-Fi menang, pembangunan merata di seluruh kecamatan di kota Payakumbuh.

Begitu Suwandel Muchtar berbicara di podium, teriakan “W-Fi menang” menggema di halaman rumah gadang tersebut. “Saya sangat terkesan sekali dengan niat dan harapan serta dukungan ninik mamak dari 10 nagari di Payakumbuh ini yang telah menyatukan tekad bulat mendukung kami sebagai Calon Walikota dan wakil walikota Payakumbuh.”

Lebih jauh Suwandel menyatakan akan mengangkat citra ninik mamak di kota Payakumbuh agar bersama dengan pemerintah kota Payakumbuh membangun kota lebih baik kedepan sesuai dengan fungsinya masing masing.(Rahmat Sitepu)
 
Top