Nusantara ~ Ketika dikejar deadline padahal semalam suntuk habis begadang, Anda mungkin harus berjuang sangat keras supaya tetap terjaga. Minum kopi saja tak cukup untuk membuat pikiran segar kembali. Untuk itu, Anda butuh cara yang lebih ampuh untuk kembalikan energi. Sejumlah penelitian ilmiah rupanya telah berhasil menemukan triknya. Ya, Anda harus coba minum kopi sebelum tidur siang. Trik yang juga dikenal dengan istilah coffee nap ini belakangan jadi populer karena kemanjurannya. Namun, apakah coffee nap memang ampuh atau hanya tren saja? Langsung simak ulasannya berikut ini.

Apa itu coffee nap?

Coffee nap atau minum kopi sebelum tidur siang adalah cara praktis untuk mengembalikan energi Anda secara alami. Tak seperti tidur siang biasanya, kali ini Anda harus minum secangkir kopi berkafein. Setelah minum kopi, Anda harus segera tidur siang selama 15-20 menit.

Bagaimana cara kerja coffee nap?

Minum kopi sebelum tidur siang mungkin terdengar aneh bagi masyarakat awam. Pasalnya, Anda mungkin sering dengar bahwa kopi bikin sulit tidur. Pada kenyataannya, kandungan stimulan dalam kopi yang disebut kafein baru akan diserap oleh usus halus dan darah kira-kira 20 sampai 30 menit setelah Anda minum kopi. Maka, sebenarnya efek kafein dari kopi tidak akan langsung terasa sesaat setelah diminum.

Di dalam tubuh Anda, kafein berfungsi untuk melawan adenosine, yaitu zat yang dihasilkan oleh otak. Zat inilah yang membuat Anda merasa lelah dan mengantuk. Jika Anda hanya minum kopi, tubuh akan tetap memproduksi adenosine. Kafein pun akan kalah dengan zat ini.

Sementara saat Anda tidur, tubuh secara alami akan membersihkan adenosine. Tidur siang 15-20 menit saja sudah cukup untuk mengusir zat ini. Setelah Anda bangun, kafein tak perlu melawan terlalu banyak zat adenosine dalam otak karena sudah dibersihkan saat Anda tidur siang. Hasilnya pun pikiran dan tubuh Anda jadi lebih segar dan berenergi.

Minum kopi sebelum tidur siang lebih ampuh dari minum kopi atau tidur siang saja

Sebuah penelitian oleh para ahli di Inggris mengungkapkan bahwa minum kopi sebelum tidur siang terbukti lebih ampuh daripada minum kopi atau tidur siang saja. Setelah bangun dari coffee nap, para peserta penelitian hanya melakukan sedikit kesalahan pada tes simulasi mengemudi yang diberikan.

Penelitian lain di Jepang dalam jurnal Clinical Neurophysiology juga membuktikan ampuhnya coffee nap dibandingkan tidur siang saja lalu cuci muka. Peserta yang minum kopi sebelum tidur siang singkat menunjukkan hasil yang lebih baik dalam serangkaian ujian daya ingat yang diberikan para peneliti.

Jangan tidur lebih dari 20 menit

Untuk memaksimalkan efek kafein dan tidur siang, jangan tidur siang lebih dari 20 menit setelah minum kopi. Pasalnya, tidur siang kelamaan akan membawa Anda ke tahap tidur nyenyak (deep sleep). Jika Anda masuk dalam tahap tersebut, kafein yang sudah sepenuhnya terserap dalam tubuh akan tiba-tiba membangunkan Anda.

Bukannya merasa segar, Anda justru akan merasa uring-uringan dan lebih lelah dari sebelumnya. Ini karena kesadaran Anda “ditarik” secara tiba-tiba dan tubuh dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk memompa jantung dan mengalirkan darah menuju otak. Jadi, pastikan Anda tidur siang tidak lebih dari 15-20 menit.
 
Top