Nusantara ~ NASA dan University of California Berkeley telah meluncurkan sebuah situs yang memungkinkan masyarakat bisa ikut mencari objek baru di luar tata surya. 

Seperti diketahui, situs itu berisi beberapa gambar dan termasuk capture dari misi Infrared Survey Explorer beberapa tahun lalu. 

Dengan kata lain, kali ini NASA mengajak masyarakat untuk ikut berburu planet misterius kesembilan. Sebab, peneliti mungkin mengendalikan sembilan planet di tata surya. 

“Ada banyak gambar dari kami untuk mencarinya,” ungkap NASA.

Astronot sendiri telah menganggap keberadaan planet yang tidak diketahui di luar Neptunus. Tapi belum ada bukti yang bisa mendukung hal ini sampai tahun lalu. 

Planet kesembilan itu diperkirakan bakal sebesar Neptunus dan 10 kali lebih besar dari Bumi, tapi jaraknya akan lebih jauh dari matahari. 

Planet ini juga mungkin akan mengorbit pada matahari 15.000 tahun. Seperti diketahui bahwa planet kesembilan masih dalam perdebatan. 

Ahli fisika Aaron Meisner menjelaskan bahwa mungkin dengan adanya volunter maka bisa mendeteksi planet lainnya di luar Neptunus. 

“Senang rasanya bahwa mereka akan pertama kali mendapati itu dari seorang citizen scientist,” tambah Meisner.
 
Top