Nusantara ~ Saat memasuki kelas tiga SMA atau sekarang disebut kelas dua belas, pasti kita dihadapkan dengan banyak hal demi mempersiapkan diri menuju perguruan tinggi, salah satu cara untuk masuk ke perguruan tinggi idaman ialah melewati SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Melalui website snmptn.ac.id tahun 2017 ini, ada peraturan yang berubah dari tahun sebelumnya. Apabila pada tahun 2016, sejumlah 75% dari keseluruhan siswa kelas dua belas bisa mendaftar melalui snmptn untuk sekolah berakreditasi A, 50% untuk sekolah berakreditasi B dan 20% untuk yang berakreditasi C.

Tahun ini hanya 50% yang bisa mendaftar dari keseluruhan siswa kelas dua belas bagi yang berakreditasi A, 30% berakreditasi B dan 10% bagi yang berakreditasi C. 

Bagi yang mendapat kesempatan mendaftar di SNMPTN, selamat! Setelah melewati dilema dalam menentukan tiga pilihan program studi, bagi sebagian orang, dilema mereka nggak hanya sampai disitu. Perasaan cemas akan kemungkinan diterima atau tidaknya pasti sering menghantui pikiran. Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa cemas ini?
1. Ask The Older People
Seringkali kita curhat dengan teman-teman kita yang sebaya, padahal mereka juga sedang merasakan kecemasan yang sama. 

Kalau sedang menghadapi masalah, kita bisa sharing dengan orang-orang yang lebih tua, bisa orang tua atau bahkan kakak kelas, bagaimana pun juga mereka lebih berpengalaman dalam menghadapi permasalahan seperti ini. Coba bersikap terbuka dengan orang tua di rumah misalnya, biasanya mereka punya cara tersendiri untuk menenangkan hati anaknya.
2. Prepare Your Plan-B
Pada SNMPTN, seleksi dilakukan sangat tertutup. Kita tidak pernah tahu mutlak apakah akan diterima atau ditolak. Pada beberapa kasus belum tentu yang nilainya secara keseluruhan naik setiap semester akan diterima atau sebaliknya. Banyak pertimbangan lain yang dilakukan oleh panitia. 
Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kenyataan pahit, kita harus punya plan-B dengan cara mempersiapkan diri menghadapi tes tulis. Bukan berarti pesimis, tetapi dengan kita fokus belajar untuk tes tulis selanjutnya, perlahan-lahan kita bisa melupakan rasa cemas berlebihan tadi. Kalau pun diterima, anggap saja itu bonus kita sudah belajar keras.
3. Surround Yourself With Good People
Berkumpul dengan orang-orang yang membawa suasana positif juga bisa membantu kita melewati masa-masa tegang menunggu pengumuman SNMPTN. Mendekati ujian nasional atau tes tulis perguruan tinggi lainnya, bukan berarti kita nggak boleh sama sekali hang out. 
Tetap sempatkan diri ya, ngumpul dengan teman-teman se-geng. Ngumpul di basecamp seperti biasa sambil makan dan sharing impian masing-masing bisa menambah semangat sekaligus refreshing pikiran.
4. Graduation and Prom Ideas
Jadi anak kelas dua belas juga nggak melulu terbawa suasana tegang. Chill, di bulan-bulan terakhir sekolah ini juga identik dengan prom night dan graduation. 
Bisa  cari ide dress untuk dipakai diprom night atau kebaya untuk graduation beserta inspirasi make up dan rambut jauh-jauh hari. Dengan cara ini juga bisa menyegarkan pikiran kamu dari kecemasan menunggu pengumuman SNMPTN.
 
Top