N3, Padang ~ Kelurahan Batuang Taba Nan XX Kecamatan Lubuak Bagaluang bertekad menyukseskan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari pemerintah pusat di 2017 ini. Kelurahan tersebut diketahui termasuk dari 15 kelurahan yang terpilih dari 104 kelurahan di Kota Padang terkait penanganan kawasan kumuh dalam mewujudkan permukiman yang layak huni.

Ikrar Prakasa selaku Penanggung Jawab Operasional Kegiatan (PJOK) Kecamatan Lubuk Begalung mengatakan, pada kesempatan ini sengaja digelar Sosialisasi Konsultasi Publik (KP) III dan Konsultasi Massal demi menyukseskan program Kotaku di Kelurahan Batuang Taba Nan XX. Sehingga bisa memberikan gambaran sekaitan program tersebut, agar nantinya dapat berjalan dengan lancar dengan didukung oleh lurah, LPM, RT/RW dan seluruh komponen masyarakat.

“Dalam program Kotaku ini diantaranya yaitu melakukan perbaikan untuk sanitasi, drainase, rabat beton dan kegiatan lingkungan kebanyakan. Terutama sekali perobahan bagi lingkungan yang sebelumnya kumuh nantinya menjadi lebih bersih,” terang Ikrar usai sosialisasi yang dilangsungkan di Kantor Kelurahan Batuang Taba Nan XX, hari ini.

Ikrar melanjutkan, setelah sosialisasi ini diharapkannya masyarakat setempat bisa paham dan arif untuk mendukung setiap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan. Berdasarkan informasi dari Fasilitator Kelurahan (Faskel) dengan Tim Pelaksana Kegiatan, bahwa awal April ini untuk program tersebut sudah bisa dikerjakan pembangunan fisik di samping pembangunan di bidang sosial dan ekonomi berupa pemberian pelatihan bagi masyarakat.

“Kita bersyukur, Kelurahan Batuang Taba Nan XX diprioritaskan dan satu-satunya yang terpilih dari 15 kelurahan yang ada di Kecamatan Lubuk Begalaung. Untuk itu, mari kita semua sukseskan program nasional ini, demi perobahan dan kemajuan kelurahan tersebut ke depannya,” imbuhnya lagi.

Pada kesempatan yang sama Asisten Manajemen Keuangan di Korkot I Padang Dian Catriani berharap seluruh unsur masyarakat di Kelurahan Batuang Taba Nan XX dapat menyukseskan program Kotaku sehingga berjalan dengan baik dan lancar. Program ini dikatakannya, merupakan program nasional dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan harapan sampai 2020 nanti tidak ada lagi lingkungan kumuh yang ada di kelurahan di Indonesia.

“Semua pelaksanaan pembangunan dalam program ini murni didanai oleh APBN melalui Bantuan Dana Investasi (BDI) dari pemerintah pusat,” sebutnya.

Sementara itu Koordinator Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Batuang Sarumpun Kelurahan Batuang Taba Nan XX Musliharni menyampaikan, pihaknya sangat menyambut dan siap mendukung pelaksanaan program Kotaku di Kelurahan Batuang Taba Nan XX.

"Untuk program tersebut, dari sebanyak 7 RW yang ada di kelurahan ini kita memprioritaskan pelaksanaannya di RW III,” katanya.

Disebutkannya, di samping menggelar Sosialisasi KP III dan Sosialisasi Massal terkait menyukseskan program Kotaku, kali ini juga dilakukan penandatangan kesepakatan hasil KP III dengan diikuti seluruh perwakilan SKPD terkait, lurah, LPM bersama seluruh elemen dan tokoh masyarakat di Kelurahan Batuang Taba Nan XX.

“Kita sangat berharap, program ini dapat berjalan dengan maksimal sehingga memberikan perobahan bagi Batuang Taba nantinya. Beberapa kawasan yang sebelumnya kumuh semoga nanti menjadi bersih disertai berbagai perbaikan lainnya,” tukasnya. (David)
 
Top