Nusantara ~ Kalau kamu membaca tulisan ini, kemungkinan besar kamu lagi mencari kerja. Kalau sudah begitu, pengen banget rasanya minta semua kenalanmu atau orang tuamu untuk membantumu mendapat pekerjaan yang kamu inginkan. Tapi hati-hati, jangan sampai kamu melakukan tiga kesalahan berikut.

1. Menitipkan lamaran pada kenalanmu
Mungkin kamu punya banyak kenalan dan mereka cukup baik untuk membawa lamaranmu just in case ada perusahaan yang sedang membuka lowongan. Masalahnya, dengan cara ini kamu nggak tahu apakah lamaran yang kamu buat sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Sayang sekali kan kalau kamu jadi nggak bisa menonjolkan potensimu.

2. Meminta kenalanmu untuk menyampaikan lamaranmu ke HRD kantor mereka
Kalau menurutmu hal ini akan meningkatkan kesempatanmu diterima di perusahaan tersebut, coba pertimbangkan lagi. Kecuali temanmu benar-benar berpengaruh di perusahaan itu dan punya hubungan yang sangat kuat dengan orang-orang di HRD, biasanya cara ini nggak efektif. Lebih baik kamu cari tahu tentang lowongan tersebut dan hubungi HRD-nya secara langsung.

3. Mengirim terlalu banyak lamaran kemana-mana
Kalau kamu mengirim lamaran ke perusahaan atau tempat kerja yang sedang tidak membuka lowongan, biasanya lamaranmu nggak akan dipertimbangkan. Jadi daripada kamu menyebar lamaran ke seluruh penjuru kota, lebih baik kamu menyeleksi baik-baik kemana akan mengirim lamaranmu. Jangan lupa sesuaikan CV-mu dengan pekerjaan yang kamu incar, ya.

Yang paling penting, jangan sampai patah semangat. Semua akan indah pada waktunya.
 
Top