Sakit gigi (Odontalgia) memang sangat menjengkelkan, tidak peduli sedang apapun, apabila sudah datang serangan “denyutan kesengsaraan” maka kita akan didera rasa sakit yang teramat sangat sehingga berakibat kepada kondisi psikis maupun psikologis. Marah dan emosi menjadi teman setia ketika sakit gigi menyerang, tak peduli siapapun pasti akan dimarahi. Kenapa ketika rasa sakit gigi datang, kedamaian selalu berlalu.

Kita bisa tanyakan bagaimana penderitaan sakit gigi kepada orang orang yang pernah mengalaminya, tak ada yang akan mengakui bahwa mereka mampu berdamai dengan sakit gigi. Memang pada akhirnya solusi jitu adalah mencabut gigi yang sakit.

Tapi kita masih diberi oleh Tuhan dengan tanaman obat untuk menyembuhkan sakit gigi, memang banyak tanaman obat untuk menyembuhkan sakit gigi mulai dari getah daun jarak, cabe rawit, bawang putih dan lain sebagainya.Ketika tanaman tersebut tidak mampu memerikan kedamaian kepada emosi sakit gigi anda maka ada lagi yang wajib dicoba yaitu Bunga Subang Subang (Spilanthes acmella). 

 Tanaman ini banyak beredar dan tumbuh di seluruh India.  Masyarakat di India menyebutnya Akarkara dan telah menggunakan  tanaman obat ini sejak zaman dahulu kala.menurut Botanical survey of India, Kolkata, India . Di Indonesia disebut Subang Nenek, subang subang dan lain lain.  

Bunga Subang Subang mudah ditemukan di mana saja, karena mudah tumbuh baik di ladang, pinggir jalan, halaman rumah dan tempat lainnya dimana rumput bisa tumbuh.

Ciri khas bunganya berwarna kuning mirip seperti anting anting. Cara penggunaanya adalah  dikunyah dibagian gigi yang sakit dan di tahan diantara gigi atas dan bawah supaya air bunga tersebut meresap ke gigi yang sakit. Rasanya memang rada rada pedas dan kulit bagian dalam mulut akan terasa menebal dan kebas. Tapi dalam beberapa saat sakit gigi akan hilang dan tak kembali lagi. Sembuhlah sakit gigi damailah hati. (Rahmat Sitepu)
 
Top