N3, Tarakan - Geliat Pelaku UKM di Tarakan dalam mempromosikan hasil usahanya di Kota Tarakan tampaknya  sudah mulai di lirik oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia kota Tarakan dan Telkom Cabang Tarakan.

Kedatangan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tarakan yang di hadiri Andi Akbar ketua Hilman affandy ketua, M.Yusuf. Irda sekertaris eksekutif dan Nur Aksa Yahya Sekjen Hipmi Tarakan, dari Pihak Telkom Koordinator Mustadinata dan Ketua UKM Eko Pristiawan memberikan angin segar kepada pelaku UKM yang tergabung didalam Rumah Kreatifitas BUMN Tarakan.

Dari silaturahim antara UKM, HIPMI, dan RKB Telkom, HIPMI akan mengoptimalkan kepada UKM dalam mencapai  mutu,  kualitas Dan kuantitas dalam produksi UKM, sedangkan Telkom mengoptimalkan jaringan pemasaran bersifat digitalisasi dengan mengunakan fasilitas internet.

Nur Aksa Yahya sebagai Sekjen HIPMI Tarakan, kehadirannya teman teman ingin menjalin kerja sama dengan UKM kedepannya, menurutnya jalinan kerja sama dengan pelaku ukm dan pengusaha yang terjaring di satu kesatuan HIPMI bisa membentuk hubungan dagang ke pada masyarakat Indonesia.

" Baru langkah awal mas antara HIPMI Tarakan dengan UKM dan RKB Telkom, dengan pertemuan ini bisa menciptakan kerja sama antara UKM dengan pengusaha yang terjaring dalam HIPMI, kita akan bantu dengan penjaringan penjualan produk UKM kepada pengusaha Perhotelan, Cafe, dan bahkan penampung komoditas lainnya, megitu juga dengan membantu publikasi kepada media lokal, cetak dan online serta ke beberapa perusahaan perhotelan agar produk UKM bisa di pasarkan seluruh Hotel dan Maskapai Penerbangan ke depannya" Jelas Nur Aksa Yahya
Sedangkan ketua Hipmi Akbar Syarif mengatakan selain membantu dari pemasaran, HIPMI berkomitmen akan segera dibentuk legalitas yang bersifat Perda agar produk UKM bisa menjadi produk unggulan di pemerintahan, dan terjamin standar dan mutu yang baik, sehingga tidak kalah saing dengan produk dari luar Tarakan.

" Kita akan godok ke DPRD dan Pemerintah agar Produk UKM bisa menjadikan Produk unggulan baik lokal dan luar kota Tarakan, Mekanisme nantikan bisa diatur dan jangan juga mempersulit pelaku UKM dengan aturan baku, sehingga mutu barang kita juga tidak kalah dengan produk luar" terang Akbar.

Mustadinata selaku Ketua RKB BUMN dari Telkom mengatakan bahwa pelaku UKM yang Tergabung di Rumah Kreatifitas Badan Usaha Milik Negara wilayah Tarakan, bahwasanya Telkom sangat peduli dengan pelaku UKM, dirinya menerangkan selain memberikan fasilitas tempat bernaung BUMN, Telkom juga memberikan semacam Fasilitas seperti pembelajaran, penjualan, pengepakan dan permodalan dengan berbagai sistim pembiayaan kepada pelaku ukm.

" Telkom mensuport kegiatan UKM dimanapun termasuk Tarakan, mulai dari traning, pengepakan yang memiliki kualitas dan mutu terbaik, penjuakan produk melalui media online, permodalan" terang Mustadinata
Sedang menurut ketua UKM Kota Tarakan Eko P, mengatakatan bahwa UKM sangat berterima kasih dengan jalinan kerja sama antara HIPMI, UKM memang selama menjalin komunikasi dengan RKB Telkom, dengan kedatangan HIPMI diharapkan kerjasama kedepannya bisa membantu pelaku UKM untuk Lebih Maju dalam mengembangkan usahanya.

" Atas nama UKM kami berharap dengan kedatangan HIPMI terjalin kerja sama dalam meningkatkan daya jual UKM kepada Rekan HIPMI, sehingga program membuat pelaku UKM di Tarakan bisa Maju dalam mengembangkan Usahanya" Tutup Eko P. Reporter Bonar Sahat
 
Top