N3, Sumbar ~ Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno tantang Kepala Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Unit Korpri Kantor Gubernur Sumatera Barat Eli Yawardi untuk meningkatkan jumlah anggota KPRI Prov. Sumbar menjadi lebih dari 5000 anggota. Terkait tantangan ini, Gubernur mengatakan akan membantu menyurati seluruh PNS agar mendaftarkan diri sebagai anggota dan terlibat aktif dalam koperasi.

Tantangan tersebut disampaikan Gubernur dalam sambutannya sebagai tanggapan terhadap laporan tahunan KPRI Unit Korpri Kantor Gubernur Sumbar yang dipaparkan oleh Eli Yawardi pada acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun 2016 bertema 'Dengan Meningkatkan Partisipasi Anggota dalam Memajukan Usaha Koperasi, Kita Tingkatkan Kesejahteraan Anggota' yang diselenggarakan di Auditorium Gubernuran hari ini.

"Tadi Ketua bilang anggota koperasi baru sekitar 30% dari kurang lebih 9000-an Pegawai Negeri di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Saya koreksi sedikit, sekarang karena pelimpahan kewenangan, jumlah PNS kita (Provinsi) sekitar 23 ribu. Jadi saya tantang, besok harus lebih dari 5000 anggota. Nanti kita bantu surati dari saya kepada guru-guru untuk terlibat aktif," tantang Irwan Prayitno.

Sebelumnya, dalam laporannya, Eli Yawardi memaparkan, walaupun tidak drastis, namun jumlah anggota KPRI Unit Korpri Kantor Gubernur Sumbar meningkat dibanding tahun 2012 lalu, yakni dari 2807 anggota menjadi 2871 anggota. Pun begitu, Eli menyebutkan bahwa jumlah ini masih berada di bawah jumlah anggota pada tahun 2011 yang sebanyak 2904. Hal ini, paparnya, disebabkan antara lain oleh adanya pegawai yang memasuki masa pensiun.

"Saya laporkan, saat ini hampir 30% ASN di lingkungan Pemprov sumbar adalah anggota koperasi. Tahun ini, kami akan kunjungi seluruh OPD untuk memberikan pengertian dan perkembangan koperasi kita untuk meningkatkan jumlah anggota," ungkap Eli.

Secara ringkas Irwan Prayitno juga mengulas wacana pemberian hadiah umrah gratis bagi anggota koperasi yang dinilai rajin dan aktif.

"Tadi ada usul supaya dibuat umrah gratis, sebutlah untuk anggota yang rajin dan aktif di koperasi, diseleksi lalu dikumpulkan untuk kemudian melalui lot nanti terpilih siapa yang pergi umrah, lai setuju bapak ibu?" Tanya Gubernur memancing yang dijawab dengan setuju yang riuh oleh hampir sebagian besar tamu, undangan, dan ASN yang hadir.

Menutup sambutannya, Irwan Prayitno mengingatkan agar Pengurus dan Pengawas KPRI Unit Korpri Unit Kantor Gubernur Sumbar untuk terus mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi yang telah ditorehkan dan menghindari fraud serta perilaku koruptif dalam pengelolaan koperasi karena dapat berujung sanksi yang tegas yang bukan tidak mungkin berujung pada proses hukum.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Asisten II mewakili Wakil Gubernur Nasrul Abit, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Dirut Bank Kesejahteraan Ekonomi Jakarta, Pimpinan Akuntan Publik Ahmad Rasjidi Hisbullah & Jelly, serta Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang.
 
Top