N3, Payakumbuh. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kota Payakumbuh Dra. Hj. Elfriza Zaharman didampingi sekretaris Aplimadanor, Kabid Kebudayaan Nirdawati, S.Sos, Kabid Destinasi Budhy Dharma Permana, S.Sos,MM.Par menggagas pertemuan dengan para pelaku seni di kota Payakumbuh, Rabu, 1 Februari 2017 bertempat di kantor  Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  kota Payakumbuh. Acara pertemuan dihadiri lebih dari 30 pelaku seni yang diundang untuk mendapatkan masukan tentang seni budaya tradisional Payakumbuh.

Pertemuan dengan pelaku seni kota payakumbuh itu membahas tentang aktifitas seni budaya yang berlangsung di kota Payakumbuh. Beberapa masukan dari para pelaku seni dan budaya yang berasal dari  sanggar musik dan tari tradisional , grup randai serta pelaku seni budaya lainnya, didapatkan fakta bahwa iklim seni budaya tradisional di kota Payakumbuh hanya berlangsung sebatas pada iven atau seremonial tertentu saja.

Hal ini disampaikan oleh ketua Dewan Kesenian kota Payakumbuh, Nel Edwin. “Seyogyanya dinas terkait bekerja sama dengan pelaku seni yang ada di kota Payakumbuh agar sinergi yang terbentuk akan mampu memberikan efek positif terhadap perkembangan grup grup kesenian tradisional di kota Payakumbuh ”, ulas Nel Edwin.
 
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kota Payakumbuh Dra. Hj. Elfriza Zaharman menanggapi masukan dari para peserta pertemuan dengan akan mengakomodasi pertemuan kedepan dengan jadwal sesuai disepakati. Pertemuan rutin itu dalam bentuk “coffee morning” dimana nantinya akan terbentuk komitmen komitmen terhadap peningkatan terhadap perkembangan seni budaya tradisional kota Payakumbuh ke depan.

“Nantinya dengan adanya pertemuan di momen “Coffe Morning’ yang akan diadakan di salah satu ruangan yang disediakan di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga yang berada di Ngalau Indah ini,  kita bisa diskusi bebas untuk sama sama mencari solusi terhadap permasalahan perkembangan seni budaya tradisional di kota Payakumbuh”, terang Cece – sapaan akrab Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kota Payakumbuh ini.(Rahmat Sitepu)
 
Top