N3, Payakumbuh ~ Debat Calon Walikota Wakil Walikota Payakumbuh edisi  ke 3 yang dijadwalkan KPU kota  Payakumbuh pada tanggal 2 Februari 2017 berlangsung di GOR M. Yamin Kubu Gadang. Ratusan masyarakat dari berbagai  elemen dengan antusias berbondong bonding mendatangi lokasi acara diadakan. Mayoritas dihadiri para pendukung dari masing masing kandidat yang dari sore sudah bersiap siap mengikuti dan mendukung pasangan calon pilihan mereka.

Terlihat aparat keamanan dari Polres Kota Payakumbuh di bantu Satpol PP Kota Payakumbuh bersiaga penuh untuk memastikan acara ini berjalan lancar dan mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan.

Acara di buka pada jam 09:00 WIB ini di fasilitasi dengan TV LED lebar dan  layar infocus di beberapa titik di sekitar luar gedung  agar pengunjung yang berada di luar dapat mengikuti acara debat tersebut. Tidak ketinggalan acara ini dikemas dengan  siaran langsung di salah satu tv lokal dan 4 stasiun radio swasta di kota  Payakumbuh.

Bertindak selaku Moderator, DR. Sudirman, M.Pd  seorang  akademisi dari Universitas Andalas. Materi debat kali ini adalah dalam bidang ekonomi dan budaya. Ketga pasangan calon menjelaskan visi msinya sesuai dengan tema yang telah ditetapkan.

Dalam penjelasan visi misinya sesuai dengan nomor urut pasangan calon, pasangan nomor urut 1 Wendra Yunaldi- Ennaidi komit untuk memperjuangkan program 1 milyar 1 kelurahan sebagai gagasan untuk memberikan modal usaha bergulir bagi masyarakat di kota Payakumbuh. Ketika ditanyakan moderator bagaimana sumber dan pengelolaan program tersebut, pasangan Wendra Yunaldi dan Ennaidi menjelaskan akan menggali sumber sumber pad yang baru, pengawasan pad diperketat  utk tujuan efisiensi, verifikasi anggaran serta menghidupkan  lembaga keuangan mikro yang pro msyarakat.    

Pasangan nomor urut 2 Reza Falepi-Edwin menjelaskan  akan  meningkatkan sektor usaha usaha kecil  dengan berdirinnya koperasi yang menunjang perkembangan usaha dalam masyarakat. Ditambahkan lagi dengan perlunya keberadaan bandara di yang representative untuk menunjang sektor pariswisata dan lalu lintas bisinis masyarakat kota Payakumbuh.

Pasangan nomor urut 3 Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri  menjelaskan perlunya penguatan ekonomi kreatif di bidang wira usaha UMKM dengan memberikan kredit lunak. Pemberian modal kepada usaha kecil dan menengah diyakini akan meningkatkan iklim usaha di kota Payakunbuh, Keberadaan BUMD dianggap perlu untuk memberikan fasilitas dan bantuan kepada masyarakqt untuk mengembangkan usaha mereka. 

Debat Calon Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh usai  pada jam 11:00 WIB dengan diiringi suara riuh dan gegap gempita ketika para pendukung meneriakkan yel yel paslom mereka masing masing, Satu hal dari acara debat yang di prakarsai oleh KPU kota Payakumbuh kali ini adalah walaupun dalam debat terjadi relatif seru dan tegang   tapi nuansa pilkada  badunsanak tetap tertoreh didalamnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top