N3, Jabar ~  Pemprov Jawa Barat berencana membangun tiga ruas tol baru. Dua ruas tol akan menghubungkan Tol Cipali dengan infrastruktur penting di Jawa Barat dan satu tol lain dengan kawasan wisata. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) akan segera mengusulkan proyek ini ke Pemerintah Pusat.

Ilustrasi Foto Int
Aher menjelaskan ketiga ruas tol ini untuk mendukung infrastruktur strategis Jawa Barat yang saat ini sedang dalam pembangunan. Tiga ruas tol ini menghubungkan Cipali-Bandara Kertajati Majalengka, Cipali-Pelabuhan Patimban Subang, dan tol menuju kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi atau Jagoratu (Jakarta –Bogor-Palabuhan Ratu).

“Ini rencana ke depan. Mudah-mudahan rencana ini dikelola dengan baik dan kemudian kita mau buat Samsatnya, jadi akan termonitor setiap waktu perkembangannya plus 14 tol yang sebelumnya,” ungkap Aher usai rapim di Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung.

Rencana pembangunan tiga ruas tol ini menambah proyek ruas tol di Jawa Barat, sehingga total ada 17 ruas tol. Panjang tiga ruas tol ini mencapai 77 km, dengan rincian tol Cipali-Patimban sepanjang 20 km, Cipali-Bandara Kertajati 7 km dan Tol Jagoratu 50 km.

Pemprov Jawa Barat telah menggelontorkan anggaran hingga Rp 350 miliar lebih untuk proyek tol ini. Rp 50 miliar merupakan bantuan keuangan Pemprov Jawa Barat kepada Pemkot Bandung dan Rp 300 miliar lebih dari belanja Pemprov Jawa Barat untuk pembebasan lahan tersebut.
 
Top