N3, Padang ~ Adanya daerah sebaran angin/ divergensi diwilayah timur Sumatera Barat hal ini mengakibatkan kondisi angin kencang dan kondisi cuaca cenderung cerah - berawan.

Kondisi angin kencang ini berpotensi terjadi diwilayah timur dan tengah Sumatera Barat seperti Pasaman, Padang Pariaman bag timur,Lima Puluh Kota, Tanah Datar, Payakumbuh,Solok, Kab Solok bag timur, Sawahlunto , Sijunjung, Agam timur, Padang Panjang kec angin maksimum diwilayah Timur dan tengah Sumatera barat berkisar 40-60 km/jam dengan arah pergerakan dari timur laut menuju barat daya.

Untuk wilayah pesisir pantai seperti Padang, Padang Pariaman bagian pesisir, Pasaman Barat bagian pesisir, Kota Pariaman kondisi angin berpotensi agak kencang namun tidak sekencang diwilayah tengah dan timur Sumatera Barat kec angin maksimum diwilayah pesisir berkisar 30-40 km/jam dan bersifat tidak merata.

Dari analisa cuaca untuk 3 hari kedepan kondisi angin ini masih berpotensi terjadi diwilayah Sumatera Barat khususnya bagian timur dan tengah.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Padang Pariaman

Sumber: Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padang) Edi Hasymi
 
Top