Nusantara ~ Hidup di era milenial bikin kamu selalu ingin mengabadikan segala hal, termasuk pengalaman makan. Masalahnya, nggak semua menu makanan bisa tampil fotogenik saat dibidik kamera. Tapi, susah itu bukan berarti nggak mungkin, ya! Mungkin kamu bisa ekstra usaha dengan mencoba berbagai angle dan menambah pernak-pernik khusus.

 Gado-Gado
Makanan yang bahannya terbuat dari aneka sayur-sayuran dan dicampur dengan bumbu kacang ini memang banyak yang suka. Tapi kalau untuk difoto dan dibagikan di sosial media sih sepertinya kamu akan mikir dua kali karena kamu bakal kewalahan mendapatkan gambar cantik dari Gado-Gado. Apalagi bumbu kacang sudah bercampur jadi satu.

Ketoprak
Hampir menyerupai dengan gado-gado yang berbumbu kacang, racikan menu ketoprak terdiri dari bihun, tahu, hingga tauge. Dan itu juga sebabnya makanan ini susah buat diabadikan karena banyak banget campurannya, dan penyajiannya juga langsung dicampur aduk jadi satu. Butuh skill lebih nih untuk memfoto ketoprak tapi cantik! Mungkin perlu siapkan piring dan serbet cantik, plus tambahan lighting biar tampak lebih keren di kamera.

Roti Tissue
Makanan yang satu ini unik banget, tapi nggak bikin makanan ini jadi instagramable. Bentuknya yang tinggi menjulang malah bikin Roti Tisue ini jadi nggak muat di frame, sehingga terlihat aneh dan kurang menarik.
Siomay
Makanan selanjutnya yang juga susah untuk difoto cantik adalah siomay. Makanan khas Kota Bandung ini bentuknya agak nggak karuan, dengan sambal kacang yang menutupi permukaan makanannya. Namun walau bentuknya kacau dan susah difoto, makanan yang satu ini enak banget buat ngemil!

Nasi Warteg
Nasi Warteg juga jadi salah satu makanan yang susah buat difoto cantik. Itu karena penyajian makanan ini biasanya ditumpuk-tumpuk sehingga terlihat berantakan. Ya, kalau mau dibuat cantik kamu harus menatanya satu per satu jenik lauknya, plus ditambah garnish biar lebih rapi dan indah dipandang.

Bubur kacang hijau
Dibutuhkan kemampuan food styling yang tinggi untuk memotret bubur kacang hijau. Kalau mau cantik, ya mau nggak mau harus pakai properti tambahan dan juga kuah hangatnya tidak sampai menutupi kacang hijaunya.

Rawon
Meski sangat lezat, rawon yang berwarna hitam pekat ini pun terbilang masakan yang susah difoto. Itu karena kuahnya yang hitam dan rona dagingnya yang serupa terlihat  menyampur begitu saja dan kurang variasi warna. Mau nggak mau, untuk mengakalinya kamu juga mesti memfotonya di atas taplak meja cantik dan ditata sedemikian rupa.
 
Top