Nusantara ~ Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi memang baik untuk kesehatan. Namun, tidak selamanya mengkonsumsi makanan yang baik itu juga akan berefek baik jika dilakukan secara berlebihan. Apapun itu jika dilakukan secara berlebihan malah akan membahayakan tubuh. Begitu juga tomat, tomat memang mengandung banyak nutrisi, dan nutrisi itu sangat bermanfaat bagi tubuh. Bukan berarti dengan mengkonsumsi tomat berlebihan akan berefek baik, tidakk..! Mengkonsumsi tomat secara berlebihan hanya akan menyebabkan berbagai macam penyakit.

Tomat merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C selain jeruk dan buah lainnya. Meskipun mengandung vitamin C, anda juga harus berhati-hati. Jika mengkonsumsi vitamin C terlalu berlebihan akan menyebabkan peningkatan pada asam lambung dan dalam jangka waktu panjang kandungan asam itu akan dapat merusak dinding esofagus.

Jadi, apapun yang anda konsumsi, meskipun didalamnya mengandung banyak manfaat, jangan pernah anda mengkonsumsinya secara berlebihan, itu tidak akan berefek baik pada tubuh anda. Lalu, apa sajakan efek negatif atau bahaya untuk orang yang terlalu banyak mengkonsumsi tomat? Berikut 5 bahaya jika kebanyakan mengkonsumsi tomat:

5 Bahaya Jika Kebanyakan Mengkonsumsi Tomat :

1. Peningkatan asam lambung
Tomat mengandung asam dalam jumlah yang tak sedikit dan itu berarti banyak. Sehingga apabila anda mengkonsumsi terlalu banyak tomat akan terjadi kenaikan asam lambung pada tubuh anda, yang akhirnya akan menyebabkan sakit maag atau penyakit gastroesphageal. Dan selain itu, seperti yang ditulis di atas, dinding esofagus pada tubuh anda akan rusak akibat kandungan asam pada tomat yang terlalu banyak.

2. Menurunkan imunitas tubuh
Kandungan pigmen karotenoid atau yang disebut dengan lycopene yang terdapat pada tomat akan dapat memenuhi tubuh anda yang akhirnya akan menyebabkan  sistem imunitas tubuh anda menurun. Hal itu akan terjadi bila tomat dikonsumsi secara berlebihan.

3. Terjadi masalah pencernaan
Selain menurunkan imunitas tubuh dan meningkatkan asam lambung, mengkonsumsi tomat secara berlebih juga bisa menggangu kelancaran pencernaan dalam tubuh anda yang akhirnya akan menyebabkan penyakit seperti sakit perut atau terdapat banyak gas didalam perut anda.

4. Dapat memicu IBS "Irritable Bowel Syndrome"
Tomat juga mengandung antioksidan likopen yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain menyebabkan masalah pada usus anda, juga dapat menimbulkan masalah penyakit yang lainnya seperti gas perut, kembung, mual, muntah, diare, gangguan pencernaan dan lain sebagainya.

5. Dapat membentuk batu ginjal
Sayuran yang mengandung zat nutrisi lutein, protein, serat, mineral, dan berbagai vitamin ternyata juga dapat menyebabkan batu ginjal. Namun, terjadinya batu ginjal itu jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti mengkonsumsi tomat. Mengkonsumsi tomat terlalu berlebihan akan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Bagi orang yang sudah pernah mengalami batu gunjal bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi tomat, anda tetap boleh mengkonsumsi tomat karena nutrisinya yang baik juga untuk kesehatan. Tapi anda juga harus tahu, jangan mengkonsumsi tomat terlalu berlebihan.
 
Top