Nusantara ~ Air adalah bagian penting bagi kehidupan makhluk hidup, termasuk manusia. Konsumsi cairan per hari harus sesuai jumlah yang dibutuhkan, yakni 1,5 liter sampai 2 liter. Jika tidak maka ada banyak pekerjaan sel dan proses metabolisme tubuh yang tidak berjalan dengan baik.

Praktisi kesehatan lebih menganjurkan konsumsi air hangat dibanding air dingin. Air hangat memiliki kelebihan yang sangat banyak bagi kesehatan, terutama jika dikonsumsi saat bangun tidur di pagi hari.

Berikut ini 10 khasiat air hangat, seperti dilansir oleh situs Lifehack untuk informasi bagi Anda:

Lunturkan lemak
Metabolisme yang lancar usai minum air hangat, membuat lemak di tubuh jadi luntur. Beri sedikit perasan lemon di satu gelas air hangat sebelum Anda minum saat bangun pagi.

Legakan tenggorokan dan hidung tersumbat
Tenggorokan dan hidung yang tersumbat akibat alergi atau dingin, bisa kembali lega usai minum air hangat. Air hangat tersebut membantu mengencerkan dahak dan melegakan saluran napas.

Kurangi kram perut
Saat menstruasi, wanita kerap mengalami kram perut. Ini bisa dikurangi dengan air hangat yang diminum, juga dikompreskan pada perut.

Detoks
Proses detoksifikasi atau membersihkan racun dalam tubuh, juga makin lancar usai minum air hangat. Biasanya keringat akan keluar, urine juga lancar, dan BAB lebih mudah setelahnya.

Awet muda
Minum air hangat juga mencegah penuaan dini lho, sebab perbaikan sel yang rusak lebih cepat dilakukan tubuh jika rutin minum air hangat. Tak hanya itu, kulit pun lebih elastis jika terbiasa mengonsumsinya.

Jerawat bersih
Proses metabolisme yang lancar juga bermanfaat untuk kulit, termasuk membersihkan kulit darri jerawat.

Rambut sehat
Bahkan rambut pun ikut merasakan manfaat dari kebiasaan minum air hangat dengan perasan lemon, yakni akar rambut jadi sehat dan kuat. Serta rambut lebih mudah tumbuh subur.

Pencernaan sehat
Efek positif lainnya, pencernaan Anda juga akan terasa lebih sehat sebab kotoran, toksin, dan hal negatif lain ikut terbuang seiring makin seringnya Anda minum air hangat.
 
Top