N3, Padang ~ Karakter generasi muda tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan sendirinya. Pembentukannya memerlukan pengayaan, pendidikan, dan pembinaan. Disamping itu, diperlukan juga keteladanan, akhlak dan perilaku yang baik, agar generasi muda punya integritas.

Hal itu dikatakan Wakil Walikota Padang Emzalmi pada acara penutupan Kursus Pembina Mahir Tingkat Lanjut (KML) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 09 Kota Padang di Lemdika Padang Besi, Kamis (19/1). Diikuti oleh 120 orang dari Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak yang berasal dari guru SMA, SMP dan SD se-Kota Padang. 

“Dengan KML ini diharapkan dapat meningkat keterampilan dan keilmuan pembina Pramuka, yang nantinya bisa ditularkan di Gudep atau sekolahnya masing-masing. Karena, melalui Pramuka, pendidikan karakter juga bisa diciptakan,” ujar Wakamabicab tersebut.

Sementara itu, Kepala Pusdiklat Pramuka Kwartir Cabang Kota Padang,Titik Susiani menjelaskan bahwa sasaran dari pelaksanaan KML untuk menjadikan pembina Pramuka sebagai pelatih Pramuka yang profesional.

“Dalam Pramuka ada Pramuka khusus dan ada Pramuka yang terintegrasi dengan kurikulum pendidikan, melalui KML ini kita ingin meningkatkan kemahiran pendamping dan pembina pramuka di sekolah,” tambah Titik. (LL/Bustam)
 
Top