N3, Tarakan ~ Awal Tahun Kota Tarakan mendapatkan Hadiah Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Presiden Jokowi. Awal tahun 2017 ini tampaknya Kota Tarakan  mendapatkan Hadiah istimewa dari presiden Jokowi Atas penghargaan kota kelengkapan rambu terbaik dikota besar, Rencanyanya Hadiah tersebut diberikan langsung oleh president Indonesia Kepada Walikota Tarakan Sofian Raga.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tarakan, Ir. Suparlan mengatakan, WTN pada tahun ini merupakan kado spesial di Hari Ulang Tahun (HUT) Tarakan ke-19. “Tarakan langganan WTN setiap tahunnya,” Ucap Suparlan.

Tambahan Suparlan, keberhasilan Tarakan mendapatkan WTN yakni dari Mayoritas masyarakat Tarakan yang tertib berlalu lintas serta kelengkapan rambu lalu lintas baik dijalan protokol maupun pesisir sehingga perlu diperkuat Kepada pemerintah ,”Dikota besar, khususnya saat dilampu merah, pengguna kendaraan melewati batas, sedangkan di Tarakan pengguna jalan tertib lalu lintas, bahkan rambu lalu lintas sesuai standar, secara keseluruhan Tarakan layak dapat WTN,”katanya.

Bahkan agar WTN tidak lepas dari pangkuan Tarakan, Dishub sudah merancang perubahan pada sarana transportasi angkutan publik, seperti menggantikan angkutan kota (angkot) dengan Taxi Argo, serta mengadakan angkutan masal.

“Angkutan masal nanti ada 5 koridor di Tarakan itu sekelas bus mikro dan makro penumpang 50 orng, selain itu Taxi Argo menggantikan angkot lama,” Jelas Suparlan.

Menurut informasi Nusantaranews.net pengelolaan WTN dikategorikan Kategori Lalu Lintas penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah kepada daerah yang dianggap berhasil dalam penataan di bidang lalu lintas. Kota Tarakan telah menerima plakat penghargaan WTN sejak tahun 2006 sampai dengan 2007, kemudian pada tahun 2008 sampai dengan 2010 Kota Tarakan meraih WTN kategori angkutan jalan, dan sejak 2011 sampai dengan 2015 Tarakan selalu memperoleh WTN kategori lalu lintas. Dengan diterimanya Piala WTN tahun ini berarti Tarakan berhasil meraih penghargaan tersebut selama 11 tahun berturut-turut.

"kita harus pertahankan WTN tersebut Karena itu kebanggaan dan ciri masyarakat  kota Tarakan yang tertip akan lalu Lintas, kota samarinda dan balikpapan Saja tahun ini tidak mendapatkan" terang Suparlan. Bonar
 
Top