N3, Padang ~
Sebanyak 200 orang qari-qariah terbaik Kota Padang mengikuti seleksi awal dan training centre (TC). Kegiatan tersebut dilaksanakan Bagian Kesra Setda Kota Padang dengan tujuan mempersiapkan qari-qariah handal yang akan diutus sebagai kafilah Kota Padang pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-37 tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Kota Pariaman November 2017 mendatang.

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo menyampaikan, Pemko Padang terus memberikan dukungan dan perhatian agar Kota Padang mampu mempertahankan juara umum yang sudah diraih 22 kali dalam MTQ tingkat Sumbar tersebut. Diantaranya memberikan motivasi, pembinaan dan peningkatan bonus bagi kafilah yang berhasil meraih juara di setiap cabang yang dilombakan.

“Kita telah menyediakan bonus bagi khafilah yang sukses pada MTQ ke-37 di Kota Pariaman nanti. Bonus ini naik dari sebelumnya, dimana kita menyediakan Rp 30 juta bagi kafilah yang mendapatkan emas atau juara I di seluruh cabang. Dananya sudah kita anggarkan dalam APBD Kota Padang,” sebut Walikota sewaktu membuka kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pramuka itu.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Padang, Jamilus menyebutkan, bermacam usaha telah dilalui sebelum menghadapi MTQ ke-37 tingkat Sumbar di Kota Pariaman nanti. Diantaranya mulai dari pelaksanaan MTQ tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat Kota Padang. Sehingga sampai pada kesempatan ini para qari-qariah terbaik di kota ini mengikuti tahap seleksi awal atau TC yang dilakukan selama tiga hari ke depan.

“Hari ini kita menyeleksi sebanyak 200 qari dan qariah selaku juara I, II dan III MTQ tingkat Kota Padang tahun 2016. Kemudian dilanjutkan dengan TC melalui beberapa tahapan kepada 60 peserta yang telah lolos seleksi. Jadi, ada 60 kafilah yang akan diutus dari Kota Padang pada MTQ ke-37 di Kota Pariaman nanti. Kita mengikuti seluruh cabang yang dilombakan, dan Insyaallah Padang bertekad tetap mempertahankan juara umum sesuai moto kita dalam TC kali ini "matangkan persiapan, pertahankan prestasi,” imbuh Jamilus optimis. (David/ Faisal/ Bustam/ Wan)
 
Top