Nusantara ~ Sikat gigi merupakan perlengkapan mandi yang selalu ada di kamar mandi. Untuk Anda yang sudah berkeluarga, sikat gigi pasti akan ditempatkan bersama sikat gigi anggota keluarga yang lain.

Namun, berhati-hatilah, karena sebuah fakta mengerikan terungkap mengenai sikat gigi yang berada di kamar mandi keluarga.

Sebuah penelitian menemukan kandungan feses atau kotoran di sikat gigi yang ditempatkan secara bersamaan di kamar mandi. Tak tanggung-tanggung, kandungan feses yang dideteksi mencapai 60 persen, dimana 80 persennya adalah feses orang lain, mengerikan, bukan?

Sebagaimana dilansir Dailymail, tim peneliti dari Quinnipiac University di Connecticut, Amerika Serikat, menemukan kandungan zat bernama fecal coliform, salah satu zat yang biasa terkandung pada feses atau kotoran manusia.

"Zat ini bisa menyebar melalui udara ketika Anda buang air besar, lalu menempel pada sikat gigi," ujar Laurent Aber, salah satu peneliti.

Kecemasan Laurent adalah, kemungkinan kandungan feses yang berasal dari feses orang lain.

"Jika kandungan fesesnya berasal dari orang lain, maka akan terbawa bakteri, virus, dan parasit yang bukan berasal dari tubuh kita. Ini sangat berbahaya," ujarnya menambahkan.

Untuk itu, Laurent menyarankan, agar Anda selalu menjaga kebersihan sikat gigi Anda. Gunakan kamar mandi kering, yang kamar mandi dan toiletnya terpisah.

"Gunakan kemasan khusus pelidung sikat gigi, agar kotoran yang berasal dari luar maupun dari sikat gigi lainnya tidak menempel di sikat gigi Anda."
 
Top