N3, Padang ~ Sejak beralih status kepemilikan, Masjid Agung Nurul Iman terus berbenah. Masjid pun kembali "hidup" di tangan pengurus baru. Rencananya, masjid tua bersejarah ini akan menjadi destinasi wisata religi. 

"Ya, Masjid Agung Nurul Iman kita proyeksikan sebagai destinasi wisata religi," ungkap Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo hari ini.

Menurut Mahyeldi, cukup banyak yang mendasari diproyeksikannya Masjid Agung Nurul Iman sebagai destinasi wisata religi. Diantaranya yakni, karena dijunjung tingginya falsafah Adar Basandi Syarak dan Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) di tengah masyarakat Minang.

"Masjid Agung Nurul Iman juga merupakan masjid terbesar dan bersejarah di Kota Padang," terang Mahyeldi

Keberadaan masjid di tengah kota juga menjadi pertimbangan. Letaknya pun tidak jauh dari Pasar Raya.
Selain itu, Masjid Agung Nurul Iman sangat cocok sebagai landmark kota dan dapat digabungkan dengan RTH Imam Bonjol.

"Apalagi Sumatera Barat telah menjadi destinasi halal nasional dan internasional," ucap Walikota Padang.
Untuk mewujudkan tersebut butuh dukungan dari segala pihak. Termasuk dukungan dari pengurus masjid, pemerintah, serta masyarakat.

"Dukungan dari segala pihak kita harapkan, sehingga nantinya rencana menjadikan Masjid Agung Nurul Iman sebagai destinasi wisata religi dapat terwujud," papar Mahyeldi.

Di sisi lain, Walikota Padang cukup puas dengan perubahan yang terjadi di Masjid Agung Nurul Iman. Cukup banyak kegiatan yang dilakukan di masjid tersebut.

"Memang harus begitu, fungsi masjid mesti dirasakan oleh umat, dan itu ditandai dengan shalat lima waktu dan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan masyarakat setiap hari," tukasnya.(Charlie)
 
Top