Nusantara ~ Sholat lima waktu merupakan kewajiban setiap umat muslim yang harus dilaksanakan setiap harinya. Tapi tahukah Anda bahwa setiap gerakan sholat mulai dari niat sampai duduk tahiyat akhir memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh?

Selain untuk mendekatkan diri kepada Allah, sholat bisa menenangkan pikiran seseorang dan menyehatkan tubuh karena setiap gerakannya memiliki beberapa manfaat kesehatan. Berikut ini ada beberapa manfaat kesehatan dari beberapa gerakan sholat ;

Niat (Takbiratul Ihram)
Ini merupakan tahapan pertama saat melakukan sholat. Selama tahap ini, orang akan berdiri dengan mengangkat tangannya dan kemudian menempatkan kedua tangannya di bawah dada.

Selama posisi ini, pikiran Anda hanya berfokus kepada Tuhan, tidak memikirkan pikiran lain. Selain itu, manfaat dari posisi niat ini dapat mengendalikan fungsi jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah.

Ruku
Ruku adalah posisi di mana Anda dalam keadaan membungkuk maju dan menempatkan kedua tangan di lutut. Posisi ini dapat meringankan sakit punggung, mengembangkan fleksibilitas bahu, lutut dan daerah pergelangan kaki. Di sisi lain, posisi ruku juga dapat memudahkan Anda mengatasi masalah sembelit.

Sujud
Posisi sujud sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh. Sujud juga berfungsi melancarkan aliran darah ke otak, merangsang kelenjar hipofisis serta kelenjar pineal. Dalam beberapa kasus, posisi sujud terbukti secara ilmiah dapat menurunkan migrain atau sakit kepala sebelah akibat aliran darah ke kepala tersumbat.

Salam
Posisi ini terdapat pada tahiyat akhir, di mana kepala Anda akan mengarah ke kanan dan ke kiri. Posisi salam ini sangat baik untuk mengobati masalah nyeri leher. Selain itu, posisi ini juga dapat mengendurkan otot bahu dan punggung atas. Hal itu dikarenakan salam memungkinkan saraf untuk merasa rileks sehingga nyeri sendi di tubuh bisa teratasi.
 
Top