N3, Sumbar ~ Kita berharap para atlit karateka dari Sumatera Barat mampu sumbangan medali emas bagi Indonesia nanti pada berbagai kejuaraan pertandingan regional dan internasional. Karena sesungguhnya Sumbar memiliki potensi bakat dan bibit atlit karateka yang banyak. 

Hal ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno ketika membuka acara Kejurnas Kareteka Piala Gubernur Cup VI-2017 antar Pengcab Inkanas se Sumatera Barat di GOR Universitas Bung Hatta Padang, Sabtu (28/1/2017). Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua KONI Sumbar, Dewan Majelis Guru Inkanas, Dirut Bank Nagari, Dirut BRI, Dirut Semen Padang dan pengurus Inkanas Provinsi Sumatera Barat. 

Lebih jauh Irwan Prayitno yang juga sebagai Ketua Umum Inkanas Sumbar mengatakan, kita mesti mampu membuktikan diri untuk lebih baik dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumut, Sumsel yang hari ini mereka sebenarnya tidak terlalu jauh prestasi dari pada Sumatera Barat. Semangat untuk lebih baik mesti kita tanam dalam hati setiap atlit, pelatih dan pengurus Inkanas Sumatera Barat, karena diyakini jika kita bersungguh-sungguh semua harapan itu akan dapat kita raih secara bersama-sama. 

Saat ini pengurus Inkanas Sumatera Barat telah memiliki beberapa program yang mesti dilakukan dengan baik dan serius. Pertama peningkatkan kualitas dan kuantitas guru, wasit dan para atlit karateka. Kita telah memiliki atlit 30 orang pada lapis pertama dan ada pula 30 orang pada lapis kedua. 

Kedua kita telah memprogram beberapa pertandingan dan latihan untuk para atlit dan mencari bakat serta bibit-bibit baru karateka, sehingga dengan demikian kita akan memiliki banyak peluang dan kesempatan untuk meningkatkan prestasi setiap diri atlit. Dan dengan peningkatkan kualitas juri, wasit dan guru tentu juga secara langsung akan mampu pula meningkatkan prestasi atlit karateka Sumatera Barat dalam setiap pertandingan yang diikuti nantinya, ungkap Irwan Prayitno. 

Gubernur Irwan Prayitno juga mengajak para juri dan wasit agar berlalu sportif, jujur dan adil. Jangan ada ada kecurangan atau permainan yang merusak nilai-nilai prestasi kareteka. " Jika ada pihak lawan yang bagus dan lebih baik dari pada atlit kita, menangkan lah sebagai sikap sportif, karena dengan itu kita akan mampu mewujudkan kualitas dan intergoitas diri untuk menjadi yang terbaik', ajaknya. 

Kejuaraan Daerah Inkanas Sumbar Piala Gubernur Cup VI 2017 ini diikuti oleh 20 Pengcab, yang terdiri dari 16 pengcab kab/ ko se Sumatera Barat dan Pengcak khusus, IPDN, Satpol PP, Politeknik dan Brimob Polda Sumbar. Sementara Inkanas Sumbar masih minur untuk pengcab Sawahlunto,  Mentawai dan Pasaman. Hms
 
Top