Denda 700Ribu Dirham Bila Pelihara Hewan Liar

Ilustrasi
Nusantara ~ Pemerintah UEA mengeluarkan larangan memelihara hewan-hewan liar yang hampir punah seperti harimau,macan tutul , singa dan cheetah. Mereka yang memiliki peliharaan ekstrem tersebut harus menyerahkannya kepada pemerintah.

Jika ketahuan membawa binatang-binatang tersebut ke arena publik, warga akan dikenai denda 700 ribu dirham (Rp2,5 miliar) atau hukuman penjara enam bulan. Aturan itu efektif mulai 28 Januari mendatang.

UU yang diberi nama Regulasi Kepemilikan Binatang Berbahaya tersebut juga melarang kepemilikan seluruh binatang, baik domestik maupun dari luar, yang dianggap bisa melukai orang lain. Termasuk jenis anjing pitbull, doberman, dan mastiff.

Selama ini, cheetah, singa, dan macan tutul lazim berkeliaran di UEA. Binatang itu menjadi simbol status karena bentuk hewan yang besar dan sangar, si pemilik bakal dianggap keren serta pemberani. Jika binatang yang dibeli berharga mahal, pemilik seolah bisa membeli segala yang diinginkannya. Binatang-binatang tersebut tidak hanya disimpan di dalam kandang, tapi juga diajak ke pantai atau berkeliling dengan mobil mewah.

Putra Mahkota Dubai Hamdan bin Mohammed Al Maktoum juga pernah mengunggah beberapa foto dirinya bersama singa di akun Instagram-nya. Hampir seluruh media sosial pemuda kaya UEA pernah mengunggah foto atau video mereka bersama binatang peliharaan yang tidak biasa. Hobi mahal itu tidak hanya ada di UEA, tapi juga di negara-negara teluk yang lain.

’’Masalah yang terjadi di Timur Tengah adalah orang-orang ingin memiliki binatang liar sebagai peliharaan,’’ tegas Direktur Regional Timur Tengah International Fund for Animal Welfare (IFAW) Elsayed Mohamed.

Binatang-binatang liar tersebut diambil secara ilegal dari habitatnya. Mereka diselundupkan ke negara-negara teluk, terutama UEA. Bayi harimau dibanderol USD 3 ribu (Rp39,9 juta). Sementara itu, singa putih yang hampir punah dihargai sekitar USD 50 ribu (Rp666 juta). Penjualannya tentu tidak resmi karena melalui pasar gelap.

Binatang-binatang tersebut biasanya dirantai dan dimasukkan ke kandang yang tidak memadai. Ketika pemilik sudah bosan dan lelah merawat, hewan-hewan itu diabaikan begitu saja. Taman binatang liar yang disokong pemerintah bakal menampung hewan-hewan yang sudah tidak diinginkan tuannya tersebut.

Post a Comment

Previous Post Next Post